Temanggung (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, optimistis jumlah wisatawan pada libur Lebaran 2024 mencapai target 50.000 orang.

"Jumlah kunjungan wisata masih kita rekap dan belum semua objek wisata melaporkan. Kita kemarin ada target sekitar 50.000. Kami optimistis bisa mencapai angka itu," kata Kepala Dinbudpar Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana di Temanggung, Rabu.

Ia menuturkan dari empat objek wisata di Kabupaten Temanggung, yang telah melaporkan kunjungan wisatawan adalah Posong sejumlah 13.035 orang, Embung Kledung 7.290 orang, Sigandul View 4.335 orang, dan Pikatan Water Park 3.575 orang. Data tersebut dihitung sejak 11 April hingga15 April 2024.

Hari ini tim terjun ke lapangan memonitor pelaksanaan libur Lebaran 2024 sambil melakukan verifikasi data dan sebagainya.

Menurut dia data tersebut berdasar objek wisata yang menggunakan tiket agar parameternya jelas. Ada 24 destinasi wisata yang menjadi indikator jumlah kunjungan berdasarkan tiket masuk di Kabupaten Temanggung.

"Pengelola wisata melaporkan kepada dinas melalui google form. Target utama kami bagaimana agar teman-teman pengelola objek wisata bisa memberikan pelayanan yang baik. Sehingga para pengunjung bisa menikmati destinasi yang ada," katanya.

Ia menyampaikan pada H-2 Lebaran pihaknya telah melakukan monitoring objek wisata, antara lain terkait dengan keselamatan, pelayanan, kenyamanan, dan lainnya.

"Kita monitoring sejumlah daerah tujuan wisata termasuk kesiapan objek wisata terkait dengan keselamatan, pelayanan, kenyamanan. Kemudian pada libur Lebaran kemarin kami juga menerjunkan tim ke objek-objek wisata alhamdulillah berjalan dengan baik," katanya.

Baca juga: PLN Surakarta jaga keandalan pasokan listrik selama periode Lebaran

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024