Kudus (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersama Bhayangkari dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jateng menggelar pasar murah dengan menyediakan 2.800 paket sembako yang dijual dengan harga cukup murah, sebagai upaya menstabilkan harga.
 
"Ribuan paket sembako tersebut, ada yang dijual di gerainya Dinas Perdagangan Kudus, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jateng," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Andi Imam Santoso di Kudus, Jumat.
 
Sementara jumlah paket sembako yang disediakan Dinas Perdagangan Kudus dalam pasar murah di Lapangan Rendeng, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, kata dia, ada 1.200 paket, sedangkan dari Provinsi Jateng ada 1.100 paket dan selebihnya dari Polres Kudus.
 
Semua paket sembako tersebut dijual dengan harga cukup murah, karena cukup dengan harga Rp40. 000.
 
Paket yang disediakan oleh Dinas Perdagangan, meliputi beras 2,5 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan gula pasir 1 kg.
 
Sementara paket dari provinsi, meliputi beras 5 kilogram dan beras 1 kg.
 
Dengan adanya pasar murah tersebut, diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan komoditas pokok yang mereka butuhkan, seperti beras maupun gula.
 
"Dengan harga sembako yang dijual lebih murah dari harga di pasaran, tentunya diharapkan bisa menstabilkan harga dan mengendalikan tingkat inflasi," ujarnya.
 
Untuk ketertiban dalam pembelian paket sembako, maka pembeliannya menggunakan kupon yang dibagikan ke masing-masing kecamatan untuk ditawarkan ke masing-masing desa.
 
"Pembagian kupon kami persilakan pemerintah desa membaginya karena mereka lebih tahu kondisi warganya," ujarnya.
 
Penjabat Bupati Kudus M. Hasan Chabibie mengungkapkan bahwa pasar murah ini sebagai respons adanya kenaikan harga kebutuhan pokok beberapa waktu lalu.
 
"Mudah-mudahan bisa meringankan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pokok dengan harga murah," ujarnya.
 
Ketua Bhayangkari Cabang Kudus Nadia Martina Triani menyebutkan bahwa Bhayangkari Polres Kudus menyediakan 500 paket sembako.
 
"Mudah-mudahan bisa memudahkan warga dalam mendapatkan sembako murah, karena setiap paketnya dijual dengan harga Rp40.000," ujarnya.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024