Semarang (ANTARA) - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) memberangkatkan belasan ribu pengusaha Warung Makan Indomie (Warmindo) beserta keluarga menuju ke kampung halaman masing-masing dan kali ini, Indomie menyediakan 194 bis yang diberangkatkan dari 36 titik yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Malang.

"Tahun ini, total jumlah peserta secara nasionalnya mencapai 11.275 orang. Untuk Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kami memberangkatkan 2.405 orang menggunakan 45 bis, dari dua titik keberangkatan yaitu Semarang dan Yogyakarta. Tujuannya beragam di antaranya Kuningan, Sumedang, dan Tasikmalaya," kata Devie Permana, Kepala Cabang PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Noodle Semarang, di Semarang, Rabu (3/4/2024).

Pelepasan Mudik Bersama Indomie dengan tema Hangatnya Kebersamaan Rayakan Kemenangan berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Para pemudik yang telah hadir sejak pagi dapat menikmati aktivitas di stan Indomie, hadiah menarik hingga doa bersama.

"Bagi kami, pengusaha Warmindo bukan hanya sebagai mitra, mereka telah menjadi bagian dari keluarga besar Indomie. Kami menyediakan fasilitas mudik ini dengan keinginan agar mereka bisa mudik dengan nyaman, aman, dan penuh kehangatan. Harapan kami kehangatan yang terjalin dalam perjalanan akan terus dibawa hingga bertemu sanak keluarga, teman, dan kerabat saat merayakan lebaran di kampung halaman masing-masing," katanya.

Program Mudik Warmindo merupakan program tahunan yang dilaksanakan Indomie sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Indomie kepada para pengusaha Warmindo.

"Salah satu yang mendekatkan Indomie dengan para pencintanya adalah kehadiran Warmindo. Banyak peserta mudik yang sudah memiliki warungnya lebih dari 10 tahun dan punya banyak pelanggan setia. Kalau Indomie selalu hadir dengan inovasi beragam varian rasa sesuai selera konsumen, maka Warmindo menyajikan racikan yang pas dan disukai pelanggannya hingga kreativitas menu unik, kekinian yang bisa jadi viral di masyarakat. Semangat berinovasi inilah yang akan terus kami lakukan agar dapat tumbuh bersama dari waktu ke waktu," kata Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Taufik Wiraatmadja.

Andy Afiril Awan, selaku Area Sales Promotion Manager PT Indofood Semarang menambahkan masyarakat dalam hal ini para pengusaha Warmindo antusias mengukuti program mudik gratis yang memang setiap tahun selalu digelar oleh Indofood dengan tujuan Kuningan.

"Tiap tahun selalu ada program mudik gratis dari Indofood, kecuali saat COVID-19 sempat libur dua tahun tidak ada mudik. Mereka biasa kalau balik lagi ke Semarang membawa saudara, tetangga, teman untuk ikut usaha Warmindo," kata Andy yang menyebutkan jumlah outlet di Semarang sebanyak 500, sedangkan di Yogyakarta ada 1.400 outlet.

Doni Budiman (40), salah satu pemudik mengaku bersyukur ada program mudik gratis dari Indofood  dan setiap tahunnya dirinya tidak pernah melewatkannya, karena menurutnya sangat membantu secara ekonomi dan waktu bagi dirinya.

"Alhamdulillah sangat membantu. Kalau saya sudah ajak keponakan, adik, dan teman ke Semarang usaha Warmindo. Total ada tujuh kios. Semuanya ada di daerah Sekaran dekat Kampus Unnes," ayah dari tiga anak ini.

Andy menceritakan Warmindo tempatnya merupakan salah satu tempat yang mendapatkan layanan dari Indofood bersama rekanan yang mengambil seluruh sampah hasil jualan seperti bungkus mie instan, kardus tempat mie, dan sedotan.

"Setiap seminggu sekali, sampah yang ada diambil, ditimbang, dan setahun sekali kami mendapatkan hasilnya. Ya alhamdulillah karena lumayan untuk tambah-tambah," kata Andy.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024