Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum untuk mengangkut calon penumpang Lebaran 2024.

Kepala Terminal Tipe A Kota Pekalongan Senewan di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa pihaknya sudah siap menyambut arus mudik Lebaran 2024 dengan menyiapkan angkutan umum yang sudah diperiksa kondisi keamanannya atau kelaikan kendaraan.

"Kami sudah melakukan ramp check untuk memastikan kondisi keamanan angkutan umum dan kondisi kesehatan sopir untuk arus mudik Lebaran nanti," katanya.

Terkait dengan kondisi lonjakan jumlah penumpang Lebaran 2024 di Terminal Pekalongan, dia mengaku hingga kini arus mudik penumpang belum terlihat menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Senewan memperkirakan arus mudik Lebaran akan mulai meningkat pada tanggal 4 April 2024 atau H-7.

"Saat ini, kami tinggal menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan terkait dengan aturan mudik Lebaran 2024," katanya.

Pengurus Bus PO Laju Prima Susanto mengatakan bahwa aktivitas penumpang bus, baik yang turun maupun berangkat di terminal, masih sepi.

Untuk menyambut lonjakan jumlah pemudik Lebaran 2024, pihaknya sudah mempersiapkan armada dan loket pemesanan tiket yang pembeliannya secara langsung di tempat (offline) maupun daring.

"Untuk kondisi kelaikan angkutan dan kelengkapannya, sudah sesuai dengan aturan. Kami siapkan tiga bus untuk penumpang dari Jakarta ke Pekalongan setiap hari," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024