Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, menyebutkan harga sejumlah bahan pokok pangan di beberapa pasar tradisional pada awal bulan Ramadhan 1445 H stabil.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi di Solo, Jawa Tengah, Kamis, mengatakan salah satu bahan pokok pangan yang harganya relatif stabil, yakni cabai rawit merah Rp40.000/kg, cabai merah keriting Rp50.000/kg dan cabai merah besar Rp40.000/kg.

Sedangkan untuk bawang merah di harga Rp28.000/kg dan bawang putih jenis kating Rp38.000/kg.

Meski demikian, dikatakannya, untuk komoditas minyak goreng menjadi perhatian menyusul terjadinya kenaikan harga beberapa waktu terakhir.

"Kemarin kami komunikasi dengan distributor di Pasar Legi, minyak goreng curah mulai lebat pasokannya dari pelabuhan," katanya.

Ia mengatakan alasan kenaikan harga tersebut adalah cuaca laut yang berdampak pada pada sulitnya kapal merapat di pelabuhan.

Dari data di pasar, dikatakannya, untuk minyak curah saat ini harganya di kisaran Rp17.000/liter. Angka ini naik dari sebelumnya, Rp14.000-15.000/liter.

Terkait hal itu, pihaknya aktif berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memastikan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah.

"Termasuk memastikan pasokan dari daerah penghasil, yakni dari Kalimantan dan Sumatera agar tetap lancar. Kalau sekarang memang stok si pasaran masih ada, cuma harganya mulai tinggi," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024