Semarang (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Timur menyelenggarakan "Tax Gathering Wajib Pajak Tahun 2024" di Harris Hotel Semarang.

Kegiatan ini mengusung tema "Dengan Reformasi Jalin Sinergi Membangun Negeri".

Kegiatan yang diawali dengan penampilan tari gambyong tersebut dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada wajib pajak dan pemangku kepentingan di wilayah Kecamatan Semarang Utara dan Kecamatan Semarang Timur atas kontribusinya terhadap pembangunan negara selama tahun 2023.

Kegiatan ini dihadiri Camat Kecamatan Semarang Utara Siwi Wahyuningsih, Sekretaris Kecamatan Semarang Timur Sigit Widiyanto, Perwakilan Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Jateng, Perwakilan Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Dinas Perdagangan Kota Semarang, Perwakilan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas, Perwakilan Distrik Navigasi Semarang, Perwakilan Balai Besar Penangkapan Ikan, Perwakilan Kelurahan Mlatiharjo, Perwakilan Kelurahan Kebonagung, Perwakilan Kelurahan Mlatibaru, Perwakilan Kelurahan Bulu Lor, Perwakilan Kelurahan Panggung Lor, Perwakilan Kelurahan Bandarharjo serta wajib pajak terpilih di wilayah Kecamatan Semarang Timur dan Kecamatan Semarang Utara.

Hadir pula Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I Max Darmawan dan Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Bayu Setiawan.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Pestamen Situmorang, Kepala KPP Pratama Semarang Timur.

Dalam sambutannya, Pestamen menyampaikan apresiasi kepada tamu undangan yang sudah
meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan Tax Gathering ini.

Selain sebagai bentuk apresiasi kepada wajib pajak dan pemangku kepentingan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk publikasi program DJP yang sedang bergulir seperti penyampaian SPT Tahunan dan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Kepala KPP Pratama Semarang Timur mengungkapkan bahwa keberhasilan dalam menghimpun penerimaan pajak sehingga dapat memenuhi target 104,01% tidak lepas dari kerja sama dan sinergi yang selama ini dibangun antara KPP dengan Pemerintah dan wajib pajak di Kecamatan Semarang Timur dan Kecamatan Semarang Utara.

Selain itu, berkat dukungan dari wajib pajak, KPP Pratama Semarang Timur berhasil mendapatkan penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZIWBK) pada tahun 2023

Tax Gathering ini juga memberikan kesempatan bagi wajib pajak untuk menyampaikan aspirasinya yang dikemas dalam acara Talkshow bersama Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Max Darmawan  yang dimoderatori oleh Agustinus Tulus Setyaji Kepala Seksi Pengawasan V KPP Pratama Semarang Timur.

Pada kesempatan tersebut Camat Kecamatan Semarang Utara Siwi Wahyuningsih memberikan apresiasi atas pelayanan yang selama ini diberikan oleh KPP Pratama Semarang Timur.

“Terima kasih saya sampaikan kepada KPP Pratama Semarang Timur yang selama ini sudah membimbing warga untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya secara benar dan tepat waktu,” ungkapnya.

“KPP Pratama Semarang Timur ini rutin setiap tahunnya melakukan jemput bola SPT Tahunan melalui Layanan Di Luar Kantor ke berbagai kelurahan, semoga KPP Pratama Semarang Timur terus maju dan memenuhi target penerimaan,” tutur Siwi.

Di pengujung acara, KPP Pratama Semarang Timur memberikan apresiasi dan penghargaan kepada wajib pajak dengan kategori Instansi Pemerintah Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2023, Instansi Pemerintah Pendukung Penerimaan SPT Tahunan Tertinggi Tahun 2023, Perbankan Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2023, Wajib Pajak Badan Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2023, Wajib Pajak Orang Pribadi Pembayar Pajak Terbesar Tahun 2023, serta wajib pajak dengan Pertumbuhan Pembayaran Pajak Tertinggi Tahun 2023.

Demi terwujudnya pembangunan negeri, KPP Pratama Semarang Timur senantiasa berkomitmen untuk mencapai penerimaan pajak yang optimal dengan mengedepankan kredibilitas, akuntabilitas, dan transparansi.

Diharapkan pelaksanaan Tax Gathering ini dapat meningkatkan sinergi antara KPP Pratama Semarang Timur dan pemerintah daerah serta seluruh stakeholder yang ada di Kecamatan Semarang Utara dan Kecamatan Semarang Timur dalam rangka meningkatkan kontribusi para pelaku ekonomi dan meningkatkan realisasi penerimaan dan kepatuhan pajak.
***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024