Cilacap (ANTARA) - Relawan Pertamina Peduli (Relpi) yang merupakan komunitas sukarelawan beranggotakan pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap baru saja menuntaskan pembahasan program kerja tahun 2024. 

Hal itu dilakukan dalam kegiatan bertajuk "Re-Energizing Relpi RU IV 2024" di Gedung Patra Nirwana, kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping, Cilacap, Minggu (25/2).

Ketua Relpi Cilacap Anton Wibowo mengatakan ada empat bidang garapan Relpi untuk tahun 2024. 

"Ruang lingkup program kami adalah pendidikan, lingkungan, kebencanaan atau kemanusiaan, dan upgrade relawan," katanya.

Menurut dia, program pendidikan seperti Tebar Buku dan Berbagi Al Quran menjadi andalan yang terus berkelanjutan. 

"Lalu bulan Ramadhan dan lebaran nanti, insyaallah sudah kami siapkan Berbagi Paket Sembako dilanjutkan Berbagi Baju Lebaran yang merupakan implementasi dari program pusat," jelasnya.

Sementara di bidang kebencanaan atau kemanusiaan, kata dia, Relpi siap siaga menghadapi potensi bencana, sehingga program upgrade relawan penting untuk selalu meningkatkan keterampilan dan kapasitas kerelawanan. 

"Kemudian atas arahan dari Dewan Pembina Relpi, kami siapkan program sedekah rutin sebagai bentuk shaping behaviour yang berkelanjutan dan tentu saja memiliki dampak positif," katanya.

Ia mengatakan kegiatan pembahasan program kerja tersebut dihadiri Manajer HC PT KPI RU IV Cilacap Diana Suciati sebagai pembina dan Manajer OPI Agus Rahmat Jamal sebagai penasihat Relpi. 

"Karena itu kami namakan Re-Energizing Relpi. Dari keduanya sebagai representasi manajemen, kami membutuhkan masukan dan bimbingan untuk memastikan Relpi selalu memperbarui energi kerelawanan," kata Anton.

Baca juga: Tutup Bulan K3, Kilang Cilacap tegaskan komitmen terapkan HSSE di setiap operasional

Sementara itu, Manajer HC PT KPI RU IV Cilacap Diana Suciati mengapresiasi pencapaian dan program kerja yang sudah dilaksanakan khususnya selama 2023. 

"Pesan saya, yakinkan pada diri anda bahwa Relpi adalah jalan terbaik untuk berbuat manfaat sebanyak-banyaknya. Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaat untuk sesama," katanya.

Sedangkan Manajer OPI Agus Rahmat Jamal memotivasi sukarelawan bahwa setiap kebaikan yang dilakukan akan kembali pada diri sendiri. 

"Kita semua memahami bahwa meskipun kita berbuat baik untuk orang lain, sebenarnya kita sedang berbuat baik untuk diri kita sendiri. Tetap semangat Relpi," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Relpi secara simbolis menyerahkan donasi pembangunan jembatan darurat di Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, melalui Yayasan Siaga Peduli Cilacap. 

Tidak hanya itu, Relpi juga menyalurkan bantuan aneka macam kado yang dibawa oleh setiap anggota yang hadir pada acara tersebut.

Baca juga: Kilang Cilacap-Kampung Berkualitas "Gadis" adakan pelatihan hidroponik
Baca juga: Kilang Cilacap hijaukan Pantai Teluk Penyu untuk mitigasi perubahan iklim
Baca juga: Kilang Cilacap serahkan perangkat komputer untuk desa sasaran TMMD

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024