Banjarnegara (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengharapkan peringatan Hari Jadi Ke-453 Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang jatuh pada tanggal 26 Februari 2024 bukan hanya sekadar sebagai perayaan.

Dalam keterangannya di Banjarnegara, Minggu, Pj Bupati mengatakan peringatan hari jadi juga merupakan ungkapan syukur yang mendalam kepada Tuhan Yang Maha Esa serta penghargaan kepada para pendahulu, nenek moyang, dan para pemimpin sebelumnya yang telah mencetak sejarah bagi berdirinya Kabupaten Banjarnegara serta membangun fondasi keberadaannya hingga saat sekarang.

"Hari Jadi Ke-453 Kabupaten Banjarnegara menjadi momentum untuk mengingat kembali perjuangan mereka yang telah memberikan segalanya demi kemajuan daerah ini. Mereka telah bekerja keras merangkai sejarah yang membanggakan dan mengukuhkan identitas kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia," katanya menegaskan.

Oleh karena itu, kata dia, peringatan Hari Jadi Ke-453 Kabupaten Banjarnegara mengusung tema besar "Banjarnegara Bersemangat, Banjarnegara Bermanfaat".

Dalam tema besar tersebut, lanjut dia, tersemat juga tagline "Banjarnegara Sumringah".

"Sesanti ini bisa dimaknai sebagai ungkapan kegembiraan serta rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pencapaian yang diraih dalam perjalanan panjang Kabupaten Banjarnegara," kata Pj Bupati.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto mengatakan rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-453 Kabupaten Banjarnegara telah diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya jamasan pusaka Banjarnegara yang digelar di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Banjarnegara pada hari Jumat (23/2).

Selanjutnya pada hari Senin (26/2), kata dia, akan dilaksanakan Kirab dan Prosesi Hari Jadi Ke-453 Kabupaten Banjarnegara yang diawali dengan kirab kereta kuda dan delman dari halaman Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara menuju Gedung DPRD Kabupaten Banjarnegara.

"Kirab ini akan diikuti Forkopimda Banjarnegara, anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara, dan seluruh kepala organisasi perangkat daerah," kata Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Ke-453 Kabupaten Banjarnegara itu.

Sesampainya di Gedung DPRD Kabupaten Banjarnegara, kata dia, peserta kirab akan berjalan kaki bersama pejabat eselon 3, eselon 4, fungsional, dan lurah menuju Pendopo Dipayudha Adigraha dengan mengenakan busana adat kebesaran dan pakaian adat resmi.

Menurut dia, sepanjang jalan yang dilalui kirab telah terpasang penjor-penjor yang memeriahkan suasana.

"Gelar seni budaya Banjarnegara menjadi bagian yang ditunggu-tunggu oleh warga. Pentas seni dan budaya digelar di Alun-Alun Banjarnegara pada hari Senin (26/2)," katanya.

Selanjutnya pada hari Selasa (27/2), kata dia, akan digelar "Fashion Show Ecoprint" di Pendopo Dipayudha Adigraha yang diikuti pelajar, masyarakat umum, dan organisasi perangkat daerah.

Menurut dia, puncak peringatan Hari Jadi Ke-453 Banjarnegara bakal diisi dengan pergelaran wayang kulit yang menghadirkan dalang kondang dari Cilacap, Ki Eko Suwaryo pada Kamis (29/2) malam.

Terkait dengan hal itu, Indarto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta meramaikan perayaan Hari Jadi Ke-456 Kabupaten Banjarnegara dan bersama-sama menyaksikan momentum bersejarah tersebut sambil menggali inspirasi dari perjalanan panjang yang telah dilalui.

"Mari kita bersatu dengan langkah yang teguh dan semangat yang membara, dalam membangun masyarakat yang lebih sejahtera dan berdaya," katanya.

Baca juga: Peringatan hari jadi Banyumas, empat pusaka kebesaran dikirab

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024