Magelang (ANTARA) - Universitas Tidar (Untidar) Magelang dalam rangka pradies natalis ke-45 menanam ratusan pohon dalam tema "sedekah bumi langit" di sekitar Kampus Bandongan, Kabupaten Magelang.

Rektor Untidar Sugiyarto di Magelang, Jumat, menyampaikan pohon yang ditanam yakni jenis buah-buahan. 

"Penanaman pohon buah-buahan merupakan tanggung jawab kita sebagai bagian dari ekosistem Magelang yang mungkin punya jenis buah yang kita coba koleksi di Kebun Bandongan sebagai edukasi dan konservasi," katanya.

Ia menyampaikan mengapa kegiatan ini dinamakan sedekah bumi langit? "Karena dengan cara menanam inilah kita peduli lingkungan dan nantinya bisa untuk konservasi air, konservasi tanah, juga konservasi pangan," ujarnya.

Selain itu, katanya, yang terpenting adalah konservasi udara, dengan banyaknya pohon akan memberikan kontribusi oksigen terhadap udara yang baik," katanya/

Bersamaan dengan penanaman pohon tersebut, juga dilakukan peluncuran Pusat Studi Lingkungan dan Mitigasi Bencana Untidar.

Ia menyampaikan sebenarnya hal ini dirintis sudah cukup lama dan anggotanya sudah bekerja sama dengan BPBD.

"Karena kita memiliki Untidar dengan lingkungan yang khas di tengah gunung, baik di gunung berapi maupun gunung sudah mati," katanya.

Selain itu, katanya, nilai potensi ke depan yang bisa dikembangkan dari lingkungan itu adalah potensi risiko bencana, maka secara akademis nanti  melakukan penelitian-penelitian terkait dengan lingkungan hidup maupun potensi dan cara mengantisipasi.

Baca juga: PPG Untidar kukuhkan 60 guru profesional

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024