Temanggung (ANTARA) - Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo memastikan para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang sakit tertangani dengan baik karena Pemkab Temanggung memberikan fasilitas kesehatan secara khusus dan gratis.

"Di Temanggung ada beberapa petugas dilaporkan sakit karena mengalami kelelahan pada pemungutan suara Pemilu 2024," katanya di Temanggung, Jumat, usai menjenguk petugas KPPS Janti yang sakit.

Ia menyampaikan bagi para petugas KPPS tersebut tersedia fasilitas kesehatan tersendiri.

"Saya meminta rumah sakit secara khusus melakukan penanganan. Mereka membantu pemerintah dalam rangka tugas negara untuk menyukseskan pemilu. Terhadap mereka pasti ada penanganan khusus agar segera sehat dan pulih kembali," katanya.

Satu per satu rumah petugas KPPS yang sakit ditemui langsung oleh PJ Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo bersama Ketua KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois. Para petugas KPPS itu sudah berangsur sembuh dan hanya membutuhkan waktu untuk pemulihan.

"Hari ini kami meninjau di tiga tempat, yang pertama di desa Getas, kedua di Pandean, dan terakhir di Janti. Alhamdulilah yang di Getas kondisinya sudah mulai berangsur membaik, di Janti juga membaik, dan di Pandean juga sudah membaik. Mudah-mudahan segera sembuh dan saya sudah sampaikan untuk segera cek kesehatan lagi ke rumah sakit supaya sembuh total," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois mengatakan, hingga saat ini petugas KPPS yang sakit sebanyak lima orang. Kelima orang tersebut sakit karena mengalami kelelahan saat bertugas dan saat ini sudah berangsur membaik.

"Tadi pagi dilaporkan lagi ada satu orang yang sakit, jadi secara total ada lima petugas KPPS yang sakit. Alhamdulillah kelima-limanya saat ini sudah berangsur membaik, seperti yang kita tengok sudah membaik, jadi semuanya hanya kontrol saja di rumah sakit," katanya.

Ia menyampaikan jumlah petugas yang sakit lebih sedikit dibanding pemilu sebelumnya yang sebanyak 35 orang, bahkan terdapat satu orang meninggal dunia.

Baca juga: Lagi, petugas KPPS di Klaten meninggal dunia bertambah

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024