Semarang (ANTARA) - Aplikasi PLN Mobile memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah dengan fitur Swacam di mana pelanggan dapat melakukan catat meter mandiri/Swacam pada rumah/ bangunan masing-masing.

Dengan penggunaan fitur ini, pelanggan dapat mengontrol dan melakukan penghematan tagihan listrik tiap bulannya.

Untuk menggunakan fitur catat meter ini, pelanggan dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka aplikasi PLN Mobile lalu pelanggan mendaftarkan nomor ID pelanggannya terlebih dahulu melalui menu “profil” -> “layanan kelistrikan”;
2. Buka aplikasi PLN Mobile lalu pilih menu "catat meter";
3. Pilih ID Pelanggan yang akan dilaporkan;
4. Foto kwh meter & pastikan angka Stand Meter berada tepat didalam kotak garis kuning pada tampilan layar kamera;
5. Fitur  Optical Character Recognition (OCR) akan membaca angka stand meter secara otomatis;
6. Klik Kirim.

Fitur Swacam ini dapat diakses untuk catat meter mandiri pelanggan pada periode tanggal 23-27 setiap bulannya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan fitur ini sangat bermanfaat bagi pelanggan yang ingin lebih mengontrol pemakaian listrik, membaca meter mandiri kapan saja dan di mana saja, tanpa harus khawatir tentang kesalahan pembacaan atau keterlambatan tagihan. 

“Dengan Swacam ini pelanggan dapat mengirimkan angka stand meter langsung, sehingga petugas catat meter PLN tidak perlu hadir di lokasi untuk mencatat stand meternya. Pelanggan yang ingin rumah/bangunannya lebih private/tidak dikunjungi petugas PLN sangat tepat menggunakan fitur ini,” ungkap Soffin.

Ia menambahkan saat ini sudah lebih dari 356 ribu pengunduh atau downloader PLN Mobile yang menggunakan fitur Swacam ini setiap bulannya. Menurutnya pelanggan bisa lebih hemat dan efisien dalam mengelola penggunaan listrik, serta menghindari pemborosan energi.

Lebih lanjut ia menyampaikan, jika pelanggan memiliki pertanyaan atau masalah terkait fitur ini atau permasalahan kelistrikan lainnya, pelanggan dapat menghubungi layanan melalui kanal layanan pelanggan resmi PLN yaitu telepon ke Contact Center (CC) PLN 123, Live chat via aplikasi PLN Mobile (dapat diakses melalui menu “bantuan dan layanan”) atau Direct Message (DM) ke kanal media sosial pelayanan PLN yaitu Twitter/X: @pln_123, Facebook: PLN 123 dan Instagram: pln123_official. ***

Pewarta : Nur Istibaaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024