Solo (ANTARA) - Terminal Tirtonadi Surakarta menyediakan pojok baca digital untuk masyarakat baik bagi penumpang bus maupun yang sengaja datang ke tempat tersebut.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono di Solo, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan penyediaan fasilitas tersebut untuk mendukung peningkatan literasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

"Ini dalam upaya mendukung peningkatan literasi bagi masyarakat agar gemar membaca sejak dini," katanya.

Terkait dengan fasilitas yang dinamakan Pojok Baca Digital (Pocadi) tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional. Pocadi adalah layanan akses buku digital yang terbuka bagi umum ini disediakan oleh Perpustakaan Nasional dan ditempatkan di beberapa akses layanan masyarakat.

Menurut dia, keberadaan Pocadi ini juga sangat bermanfaat, terutama pada saat adanya kunjungan edutrip pelajar ke Terminal Tirtonadi, karena dalam sebulan terminal ini  bisa menerima 2-4 kali kunjungan edutrip.

"Dalam hal ini Pocadi bisa sangat membantu mengedukasi sekaligus menumbuhkan minat baca bagi anak-anak," katanya.

Sementara itu, pada Pocadi tersedia fasilitas berupa empat unit komputer yang memiliki akses penuh pada ribuan koleksi buku digital milik Perpustakaan Nasional Indonesia.

"Selain itu ada juga ratusan buku fisik yang juga disediakan di Pocadi," katanya.

Ke depan, pihaknya akan terus mengupayakan inovasi-inovasi lain yang menunjang layanan untuk masyarakat.

"Dengan demikian, Terminal Tirtonadi menjadi ruang publik yang nyaman, aman, edukatif, dan rekreatif bagi masyarakat," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024