Semarang (ANTARA) - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 ini Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 11 persen di Jawa Tengah dan Yogyakarta dibandingkan rata-rata periode hari normal.

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan peningkatan trafik data tertinggi pada tanggal 26 Desember 2023 sebesar 11,9 persen untuk area Jawa Tengah Bagian Selatan dan 9,8 persen untuk area Jawa Tengah Bagian Utara dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal.

Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kabupaten seperti Wonogiri, Gunungkidul, Purworejo, Grobogan, hingga Kebumen yang notabene memiliki berbagai destinasi wisata yang diminati oleh masyarakat.

Pada malam pergantian tahun, platform digital mulai dari Tiktok, Youtube, Facebook, WhatsApp, hingga Instagram secara berturut-turut berkontribusi besar terhadap melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Peningkatan permainan game online juga ikut memengaruhi seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG yang memicu kenaikan trafik data.

Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan secara nasional dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.

Dalam memenuhi lonjakan trafik data tersebut, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya di Jawa Tengah dan Yogyakarta secara proaktif dengan melakukan optimasi serta peningkatan kapasitas di 94 Point of Interest (POI).

Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti ruas tol Trans Jawa, bandar udara, stasiun kereta api, destinasi wisata, hingga tempat ibadah.

Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

Di awal tahun 2024, Indosat melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) di pilar Filantropi dengan mengusung tema Indosat Berbagi Kebaikan: Tebarkan Lebih Banyak Senyum Kebaikan berbagi kebahagiaan di Salatiga.

“Hal ini menjadi momentum yang tepat bagi Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Memastikan konektivitas dan berbagi dengan mereka yang membutuhkan, menegaskan konsistensi kehadiran Indosat sebagai bagian tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat di Indonesia”, kata Steve.

Erwin, Penanggung Jawab Panti Asuhan Salib Putih Salatiga menyambut baik kedatangan Indosat dan menjelaskan panti yang sudah berdiri sejak tahun 1902 ini merupakan salah satu panti tertua di Salatiga.

"Saya dan anak-anak tentunya sangat senang dengan inisiatif dari Indosat yang juga mendukung kami untuk terus berkarya dan mengejar cita-cita di tengah segala keterbatasan yang ada. Meskipun momen natal telah lewat, semoga damai kasih natal tetap bersemayam di hati kita semua," katanya.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024