Solo (ANTARA) - Kesatria Bengawan Solo telah menyiapkan komposisi tim terbaiknya untuk laga perdana Indonesian Basketball League (IBL) 2024, yang bakal digelar di GOR Sritex  Arena Solo, Jawa Tengah, pada Februari mendatang.

Pihaknya optimistis skuad asuhannya, Kesatria Bengawan Solo, dapat memenuhi target untuk lolos ke babak playoff, kata Pelatih Kesatria Bengawan Solo, Efri Meldi, di GOR Sritex Arena Solo, Rabu.

Efri Meldi saat ini telah merancang sejumlah agenda uji coba di sisa waktu yang ada. Efri tengah membangun chemistry di skuad Kesatria Bengawan mengingat tim kebanggaan warga Solo Raya ini, baru terbentuk.

Meskipun, kata dia, tim baru terbentuk sejumlah pemain di skuad ini telah menjadi anak asuhnya di musim-musim lalu. Sehingga, pelatih tidak kesulitan dalam mengolah tim. Persiapan memang tidak sampai satu bulan, tetapi para pemain sudah berpengalaman.

"Jadi tim pelatih fokus membangun sistem dan chemistry saja. Ada pemain yang pernah bekerja sama dengan saya, mereka tahu saya, tetapi ada juga yang dari tim lain. Tugas saya menyatukan di lapangan," katanya.

Kesatria Bengawan saat in, memiliki tiga penggawa asing yakni Taylor Johns, Jason Copman, dan Kentrell Barkley. Para pemain asing Kesatria Bengawan Solo sudah bergabung bersama tim dan telah mengikuti latihan.

Dia menyebut para penggawa asing sudah sesuai dengan ekspektasi dan bisa mengikuti arahan sistem yang dibangun.

Sejumlah kontestan IBL lain, juga bakal menjadi lawan uji coba jelang tip off IBL 2024. Dia memilih fokus pada perkembangan skuad asuhannya daripada fokus pada kekuatan lawan. Dia juga mengakui IBL mendatang akan berjalan kompetitif dengan skema tiga pemain asing.

"Saya lihat ketika latihan, kedalaman tim sangat bagus. Pemain lokal kami bagus dan asing juga bagus. Saya enggan komentar untuk mantan pemain NBA, owner juga ada niatan ke sana," katanya.

Pada sisi lain, Kesatria Bengawan Solo juga fokus pada pembinaan usia muda. Pelatih Bidang Pengembangan Pemain, Rachmad Febri, menjadi nakhoda dalam urusan player development. Pelatih Efri memastikan Kesatria Bengawan Solo saat ini, sudah melakukan pencari pemain-pemain potensial sesuai program jangka panjang.

"Saya ingin proses pembinaan berjalan. Ke depan sudah ada untuk kelas tiga SMA, sudah ada pencari pemain dari Solo dan Jawa Tengah," katanya.

Sementara itu, pemain bola basket Kesatria Bengawan Solo IBL 2024 yakni, Samuel Devin Susanto, Ferdian Dwi Purwoko, Nuke Tri Saputra, Tifan Eka Pradita, Bagus Dwi Cahyono, Andre Adrianno, Andre Rorimpandey, Esha Ezra Yr Lapian, Katon Adjie Baskoro, Bryan Adha Elang Praditya, Kevin Moses, Ruslan, Kentrel Debarius, Hengki Infandi, Jason Henry Copman, dan Taylor Johns.

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024