Semarang (ANTARA) - Ketua Dharma Wanita Persatuan Kominfo Ilma Nugrahani Ismail mengatakan kaum perempuan perlu memperkuat ketahanan keluarga salah satunya dengan meningkatkan kapasitas diri yang merupakan kunci di era digital saat ini.

“Meningkatkan kapasitas diri adalah kunci untuk memperkuat ketahanan keluarga di era digital. Terlebih lagi dengan makin maraknya kejahatan digital, sangatlah krusial bagi keluarga untuk memperkuat benteng pertahanan, supaya meminimalisir risiko yang ada,” kata Ilma.

Ilma mengatakan sebagai perempuan memiliki peran yang signifikan dalam keluarga, sehingga sudah sepatutnya harus menyiapkan diri dari ancaman digital dengan terus saling belajar edukasi, mengingatkan, dan memahami tentang literasi digital.

“Sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan di Indonesia, DWP memiliki standing position dan mengambil peran strategis untuk pembangunan nasional,” jelasnya di acara, Kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

Hubungan interpersonal yang terbangun dalam DWP, katanya, memudahkan pertukaran informasi dan mempererat hubungan di antara wanita, sehingga kegiatan talkshow menjadi cara efektif untuk membuat informasi literasi digital tersebar dengan baik.

Pada kesempatan itu Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi turut hadir dalam kegiatan tersebut dan menyampaikan urgensi kaum perempuan dalam dunia digital.

“Sudah selayaknya kita jadikan momentum untuk perempuan Indonesia merapatkan barisan untuk mampu menginspirasi kaum perempuan agar pandai dan cakap untuk memaksimalkan potensi penggunaan teknologi digital,” kata Menteri Budi.

Menteri Budi menambahkan kemampuan literasi digital yang baik bagi wanita termasuk memahami dan menciptakan informasi yang bermanfaat melalui teknologi digital yang dapat dimaksimalkan pula dengan pemahaman yang menyeluruh terhadap gadget yang dimiliki, serta risiko dari keteledoran dan pengendalian diri yang buruk.

Yosi Mokalu, figur publik pegiat literasi digital mengingatkan pentingnya pengendalian terhadap gadget juga pengendalian diri agar bijak dalam pemanfaatan teknologi.

“Kegiatan ini khususnya untuk perempuan dapat mengurangi risiko terhadap pencurian data pribadi dengan pengaplikasian double authentication, pembuatan password yang kuat, dan edukasi pembudayaan check dan recheck informasi yang diterima,” katanya.

Kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dihadiri sebanyak kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari anggota OASE Kabinet Maju Indonesia, DWP Kominfo, DWP Pusat, DWP K/L, dan DWP Dinas Kominfo dan karyawan perempuan di lingkungan Kemenkominfo.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024