Banyumas (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ajibarang menghadirkan Duta Tresno Koe atau Duta Mobile JKN untuk mendorong pemanfaatan aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan.

Petugas tersebut berperan untuk memberikan edukasi terkait layanan dan fitur aplikasi Mobile JKN kepada peserta JKN yang datang ke RSUD Ajibarang.

Ketua Tim Tresno Koe RSUD Ajibarang, Tri Wahyuningsih, menjelaskan filosofi Tresno Koe yang merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan RSUD Ajibarang dalam meningkatkan capaian penggunaan Aplikasi Mobile JKN pasiennya.

“Tresno Koe ialah akronim dari Tempat Respons Masalah dan Daftar Online JKN Mobile. Duta Tresno Koe atau Duta Mobile JKN di RSUD Ajibarang merupakan petugas administrasi yang bekerja di RSUD Ajibarang yang kita bagi per shift untuk membantu peserta JKN dalam mengakses Aplikasi Mobile JKN,” kata Tri.

Dirinya menambahkan Tim Duta Tresno Koe RSUD Ajibarang memiliki tugas menyambut pasien dan keluarga pasien serta membantu mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN.

“Tim ini harus cepat memberi edukasi aplikasi Mobile JKN kepada peserta JKN yang datang. Mulai dari mengenalkan menu layanan aplikasi Mobile JKN hingga memandu peserta JKN yang membutuhkan pelayanan digital. Duta Mobile JKN berada di area Pojok Mobile JKN, ruang pelayanan informasi, ruang tunggu rawat jalan, ruang tunggu farmasi, dan ruang pelayanan rawat inap untuk mengajari peserta mengunduh dan memakai aplikasi Mobile JKN,” ujar Tri.

Salah satu Duta Mobile JKN di RSUD Ajibarang, Ayu Wandhani yang sehari-hari memberikan pelayanan administrasi di rumah sakit, selalu siap bertugas mendorong pemanfaatan optimalisasi penggunaan aplikasi Mobile JKN bersama Duta Mobile JKN lainnya.

“Dibentuknya Duta Tresno Koe ini sebagai bentuk komitmen percepatan digitalisasi RSUD Ajibarang. Duta Mobile JKN dengan sigap akan mendampingi peserta JKN sampai berhasil menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan layanan digital dengan mudah,” ucap Ayu.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Rislam (35), peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri merasakan pelayanan yang menyenangkan dari Duta Mobile JKN RSUD Ajibarang ini.

“Mengenai informasi dari petugas rumah sakit tentang Aplikasi Mobile JKN cukup jelas. Saya dibantu untuk menggunakan fitur Pendaftaran Pelayanan Antrean Online yang ada di Aplikasi Mobile JKN. Saya rasa fitur Antrean Online yang ada di Aplikasi Mobile JKN ini cukup membantu karena kalau menggunakan antrean manual datangnya harus lebih pagi dan antre lebih lama. Mengingat lokasi rumah saya tidak dekat dari rumah sakit dan saya punya anak kecil umur satu tahun, saya tidak bisa cepat-cepat datang ke rumah sakit, jadi Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu,” tutur Rislam.

Tak hanya Rislam, Nasum (63) seorang peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) juga merasa terbantu dengan Duta Mobile JKN di RSUD Ajibarang ini.

“Saya puas dengan pelayanan di sini karena semua serba cepat. Penjelasan petugas tentang Aplikasi Mobile JKN juga mudah dimengerti. Saya akan menggunakan Aplikasi Mobile JKN karena ternyata lebih mudah dan lebih praktis jadi tidak perlu antre menunggu lama di rumah sakit untuk mendapatkan layanan,” ujar Nasum.

Pada kesempatan yang lain, Direktur RSUD Ajibarang, Noegroho Harbani memberikan dukungannya untuk Tranformasi Mutu Layanan Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan.

“RSUD Ajibarang siap mendukung transformasi digital pelayanan peserta JKN melalui Duta Tresno Koe yang membantu pelayanan dengan aplikasi Mobile JKN sehingga pelayanan lebih cepat dan efisien,” kata Noegroho. ***


Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024