Batang (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-73 Ikatan Dokter Indonesia menyelenggarakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat berupa layanan kesehatan secara gratis.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Batang Muryanto di Batang, Selasa mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut sebagai bentuk kepedulian para dokter yang tergabung dalam ikatan dokter Indonesia untuk membantu pelayanan kesehatan pada warga secara gratis.

"Bakti kesehatan berupa donor darah, pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gratis, pemeriksaan USG, pengobatan bagi ibu hamil dan pasien penyakit kandungan, serta pemeriksaan gula darah," katanya.

Dengan tema "Memperkuat Ikatan Tradisi Luhur Bersatu dan Mengabdi Untuk Rakyat Indonesia" ini, Muryanto mengingatkan para dokter tidak meninggalkan sejarah bahwa sebagai organisasi profesi yang non-independen selalu mempertahankan ikatan dari para pejuang-pejuang pendahulu dokter Indonesia dan tetap bersatu dan mengabdi untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Dikatakannya, pihaknya siap menyelenggarakan pelayanan dan pemeriksaan "ultrasonografi" (USG) gratis setiap 2 minggu sekali, yaitu pada hari Sabtu di kantor Sekretariat IDI Batang.

Kemudian, kata dia, juga ada pelayanan pengobatan dan pemeriksaan untuk pasien-pasien umum yang akan akan dilakukan oleh para dokter yang tergabung dalam IDI Kabupaten Batang.

Ia berharap Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Batang akan tetap eksis dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah ini yang kini sudah berusia ke-73.

"Demikian juga, kami berharap IDI bisa mengabdikan seluruhnya untuk pelaksanaan yang dilakukan pada hari ini. Kami yakin pengabdian ini sangat bermanfaat pada warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan," katanya.

Baca juga: Penggunaan obat tradisional harus penuhi standar
Baca juga: IDI Jawa Tengah: Belum ada makanan yang terbukti bisa bunuh sel kanker

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024