Kudus (ANTARA) - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, menerima sumbangan buku karya seorang pelajar sekolah menengah kejuruan. 

Pelajar Kelas XII SMK Muhammadiyah Kudus Dea Sholihatun Ni'mah pada Kamis menyerahkan buku karyanya yang berjudul "Maaf, aku tidak selemah yang kamu kira" kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus Sam'ani Intakoris di ruang baca Perpustakaan Daerah Kudus.

Sam'ani berterima kasih kepada Dea Sholihatun Ni'mah yang telah menghibahkan buku karyanya ke perpustakaan.

"Sebelumnya Dea juga berhasil menuntaskan penulisan buku dengan judul yang berbeda. Namun, untuk tulisan kedua ini menjadi tambahan koleksi Perpustakaan Daerah Kudus," katanya, menambahkan, buku pertama Dea telah menjadi bagian dari koleksi perpustakaan.

"Kami siap menampung tulisan dari para pelajar maupun mahasiswa, agar nantinya bisa dibaca oleh pengunjung perpustakaan. Termasuk buku karya masyarakat, yang memang hasil karya sendiri, juga akan kami terima untuk menambah koleksi buku di Perpustakaan Kudus," kata dia.

Dea bersyukur buku karyanya bisa menjadi bagian koleksi Perpustakaan Daerah Kudus. 

"Mudah-mudahan bisa menginspirasi pelajar di Kudus untuk ikut menulis buku," katanya.

Dea menulis buku setebal 100 halaman berjudul "Maaf, aku tidak selemah yang kamu kira" pada masa pandemi COVID-19. 

Ia menyelesaikan penulisan buku tentang kehidupan sehari-hari pelajar tersebut dalam waktu empat bulan.

Sa'mani mengatakan bahwa Perpustakaan Daerah berencana membuat program penulisan dan bedah buku guna meningkatkan minat warga untuk menulis dan membaca.

"Nantinya, kami akan mengundang pakar penulis. Kami juga akan melakukan edukasi dan kampanye bahwa buku ini bermanfaat buat semua orang," katanya.

Dia menyampaikan bahwa Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus sudah menerima hibah empat buku karya pelajar maupun penulis dengan disabilitas. 

Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus kini memiliki 44.963 eksemplar buku dengan 31.909 judul.


Baca juga: Polres Wonosobo salurkan 1.015 buku ke sekolah

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024