Batang, Jawa Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meminta PT Nestle Indonesia yang beroperasi di Batang Industri Park menggandeng peternak sapi lokal sehingga bisa membantu perekonomian mereka.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Kamis, mengatakan bahwa perusahaan tersebut tentunya membutuhkan susu sapi untuk memenuhi produksinya.

"Kebutuhan bahan baku berupa susu sapi pasti akan banyak. Hal itu memberikan kesempatan kepada peternak sapi lokal untuk menjalin kemitraan dengan PT Nestle Indonesia," katanya.

Menurut dia, melalui program kemitraan ini maka usaha peternak lokal bisa memiliki kesempatan berkembang yaitu mereka bisa turut mendapatkan ilmu untuk menghasilkan susu dengan kualitas yang baik dan berstandar.

"Oleh karena itu, saya minta perusahaan ini bisa memberikan kesempatan kepada peternak sapi dengan memberikan pelatihan maupun pengetahuan standar susu sapi yang dibutuhkan perusahaan," katanya.

Dikatakan, pelatihan yang diberikan peternak sapi dapat berupa pendampingan teknis dan bantuan lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi susu segar serta memastikan keberlanjutan lingkungan.

"Kami yakin tidak mudah mengubah kebiasaan peternak sapi di daerah ini karena sebelumnya mereka hanya memelihara sapi potong dan sekarang diganti dengan sapi perah. Akan tetapi, saya percaya dengan merangkul peternak sapi lokal maka dapat senantiasa mendukung dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia," katanya.

PT Nestle Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi minuman berbahan susu yang berdiri di kawasan Batang Industri Park Sigayung.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024