Solo (ANTARA) -
Sebanyak 10.291 mahasiswa baru mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.
 
Rektor UNS Jamal Wiwoho di sela kegiatan PKKBM di Auditorium UNS di Solo, Senin, mengatakan para mahasiswa tersebut lolos seleksi dari total pendaftar yang jumlahnya mencapai 150.000 orang.
 
"Yang masuk hanya 10.291 mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa yang masuk adalah anak-anak pintar, punya kemampuan di atas rata-rata," kata dia.
 
Terkait dengan hal itu, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 1.800 dosen untuk mengajar para mahasiswa baru.
 
"Ini adalah kesempatan emas untuk meraih, merajut masa depan bagi anak bangsa. Kami siapkan sebagai pemimpin bangsa, untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi di UNS," kata dia.
 
Ia mengatakan bahwa sesuai dengan jadwal untuk PKKMB dilaksanakan selama tiga hari, yakni hari ini di level universitas, tanggal 22 Agustus di level fakultas, dan tanggal 23 Agustus di level program studi.
 
"Harapannya bekal PKKMB mahasiswa baru yang bagus-bagus sudah siap mengikuti proses pendidikan di UNS dengan tri dharma perguruan tinggi," kata dia.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua PKKMB UNS Rony Syaefullah mengatakan untuk skema kegiatan PKKMB dilakukan di masing-masing fakultas.
 
"Memang basisnya di fakultas masing-masing. Secara sentral materinya di auditorium dan diterima di masing-masing fakultas," kata dia.
 
Ia mengatakan bahwa pemateri selama kegiatan PKKMB seluruhnya sudah konfirmasi tentang kehadiran mereka.
 
"Pemateri 'confirm' hadir semua, namun ada yang 'recording' (rekaman) juga. Ini sesuai target dan pedoman dari kementerian (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, red.)," katanya.

Baca juga: Ikut program IISMA Kemendikbudristek, 5 mahasiswa UNS studi di luar negeri

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024