Purwokerto (ANTARA) - Pengurus Pusat Paguyuban Asmari Kertajaya (PAKJ) mengajak alumni sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Purwokerto berkontribusi bagi kemajuan Kabupaten Banyumas.

Ketua Umum Pengurus Pusat PAKJ Cris Kuntadi di Purwokerto, Minggu, mengatakan bahwa anggota Asmari Kertajaya saat ini terdiri atas alumnus SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 5 Purwokerto yang ada di Jakarta.

"Kita berkumpul dalam satu wadah karena biasanya alumni itu hanya satu SMA, kita bikin (wadah alumni) lima SMA. Kalau ada SMA negeri lagi, nanti tambah lagi," kata widyaiswara ahli utama Kementerian Perhubungan itu.

Di samping rutin mengadakan kegiatan di Jakarta, PAKJ dari 4 sampai 6 Agustus 2023 menyelenggarakan "Grebeg Asmari" di Purwokerto, yang meliputi penanaman bibit pohon durian bawor khas Banyumas dan kunjungan ke sekolah menengah atas negeri.

Dalam kunjungan ke SMAN 1 Purwokerto, pengelola sekolah mengharapkan alumni SMAN yang memiliki potensi bisa memberikan motivasi kepada siswa dengan menjadi guru "dadakan" di sekolah.

"Kami akan kumpulkan siapa kira-kira yang bisa dan nanti akan kita gilirkan. Misalnya, tiap bulan satu orang untuk memotivasi teman-teman, karena cukup banyak anggota Asmari yang dipandang berhasil di lingkup daerah maupun pusat," kata Cris.

Ia mengatakan bahwa selama "Grebeg Asmari" alumni juga mengadakan Bazar UMKM serta menyelenggarakan pameran kendaraan listrik guna mendukung kampanye penggunaan sarana transportasi ramah lingkungan.

"Kami juga melaksanakan anjangsana ke Pak Bupati, karena kami ingin take and give lah. Jadi, apa yang bisa kami bantu, kami sharing dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas, dan apa yang bisa Kabupaten Banyumas bantu untuk Asmari," katanya.

Saat menerima kunjungan pengurus PAKJ di Ruang Joko Kahiman, Pendopo Sipanji Purwokerto, Sabtu (5/8) malam, Bupati Banyumas Achmad Husein mengharapkan anggota Asmari mengeluarkan uang sebanyak-banyaknya untuk berbelanja selama berada di Banyumas.

"Dengan demikian, perekonomian di Banyumas dapat berputar," katanya.

Baca juga: Pemprov Jateng pastikan SMAN 9 Surakarta terima siswa baru PPDB 2023

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024