Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjadi tuan rumah Rapat Kerja Badan Kerja Sama (BKS) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Java Heritage, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, 28-29 Juli 2023, ditandatangi nota kesepahaman bersama (MoU) pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh Rektor/Direktur dari 24 PTN dan LLDikti.

Adapun 24 PTN dan LLDikti tersebut adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

Baca juga: Jaga ekosistem pesisir, Unsoed kerja sama dengan industri nasional-global

Selanjutnya, LLDikti Wilayah V Yogyakarta, LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran  Yogyakarta, Universitas Tidar, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Politeknik Negeri Cilacap, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, Politeknik Kesehatan Surakarta, dan Politeknik Kesehatan Yogyakarta.

Ruang lingkup nota kesepahaman bersama adalah pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pengembangannya yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; pertukaran dosen dan mahasiswa; joint research; publikasi ilmiah; magang kerja; pelatihan, lokakarya, seminar/konferensi, dan kegiatan ilmiah lainnya; serta bidang lainnya yang relevan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. mengatakan MoU tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan hal-hal konkret, misalnya implementasi kerja sama bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antar-PTN se-Jateng dan DIY untuk skema 2024. 

"Bidang kerja sama internasional juga akan kita tindak lanjuti dengan pertemuan lanjutan bulan depan di UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan," kata Ketua BKS PTN-LLDikti Jateng DIY Periode 2023-2025 itu.  

Baca juga: IESP FEB Unsoed gelar Midyear International Conference 2023
Baca juga: Unsoed Purwokerto dan PNU Thailand perkuat kerja sama bidang pendidikan-riset

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024