Semarang (ANTARA) - Sebanyak 1.000 pelari Kota Surabaya dan sekitarnya akan memeriahkan event Bank Jateng Friendship Run yang mengambil start dan finis di Alun-alun Surabaya, Jawa Timur, Minggu (23/7) pagi. 

Surabaya adalah kota kelima sebagai lokasi event lari yang dijadikan kampanye Road to Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

Sebelumnya, Friendship Run diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta dengan respons peserta yang tinggi.

Seperti gelaran sebelumnya, Friendship Run di Kota Pahlawan itu diharapkan memantik semangat berolahraga warga Surabaya dan komunitas lari. Selain itu sebagai sarana silaturahmi dan merajut persahabatan antar-komunitas lari dan masyarakat.

''Kami berharap Bank Jateng Friendship Run bukan saja ajang lari, namun turut memompa denyut ekonomi dan pariwisata Surabaya,'' kata Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/7).

Menurut dia, Alun-alun Surabaya sebagai lokasi start dan finis Friendship Run diharapkan menjadi magnet wisatawan mengingat tempatnya yang strategis.

Di sini, terdapat ruang terbuka dengan suasana yang nyaman dan tempatnya rapi, bersih, dan indah. Selain itu, terdapat gedung dengan ciri khas dome yang menjadi "tetenger" atau landmark Surabaya. 


Kuliner Magelang

Media Officer  Friendship Run Rifai menjelaskan mulai Sabtu (22/7) pagi, para peserta sudah mulai mengambil race pack (perlengkapan lomba) di Hotel Santika Premiere, Gubeng, Surabaya.

Sebagaimana ajang sebelumnya, Friendship Run Surabaya dimeriahkan pemilihan Best Costume peserta. 

Ditambahkan dia, peserta akan menempuh jarak 5 km dengan menempuh rute Alun-alun (Jalan Gubernur Suryo), Jalan Panglima Sudirman, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Embong Malang, Jalan Praban, Jalan Tunjungan, dan berakhir di Alun-alun.

Dikatakannya, setelah mengikuti Friendship Run, peserta akan menikmati  kuliner khas Magaleng yang disajikan Bank Jateng Pawone seperti Nasi Telang KWT Lestari, D'noel Mangut Beong, Nasi Magelangan 'Handayani', dan Dawet Ireng Ketan Hijau 'Nak Robil'.

Sementara itu, dalam upaya menghangatkan Friendship Run digelar acara The Tour di Sambang Cafe & Eatery. Sejumlah komunitas lari tampil di acara ini seperti Suwer, She Run Sub, Delta Runners. IsoMlayu, RIOT Surabaya, Indorunners Gresik, Kendos, Merr Runners, dan Rebyek. ***

Pewarta : Zaenal
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024