Semarang (ANTARA) - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali membuktikan bahwa program studi yang ada telah mendapatkan pengakuan.

Akreditasi Unggul merupakan peringkat tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor: 2246/SK/BAN-PT/Ak.KP/STr/VI/2023, Program Studi Teknika pada Program Sarjana Terapan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, dinyatakan Unggul dengan nilai 374.

Dengan Raihan ini, PIP Semarang menjadi satu-satunya dari perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan yang mendapatkan prestasi ini.

Meski demikian, PIP Semarang akan terus menjaga kepercayaan masyarakat dengan meningkatkan kualitas dua prodi yang lain dan mempersiapkan visitasi untuk penilaian akreditasi internasional.

Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., yakin dua prodi lainnya yaitu Nautika dan Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) akan menyusul.

“Saat ini dua prodi lainnya sedang melakukan proses konversi, dan saya yakin tahun ini keduanya juga akan berhasil meraih predikat Unggul,” ucapnya.

Dalam prosesnya, PIP Semarang menempuh pengajuan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) dengan 9 kriteria borang. Hal ini dapat terwujud berkat kerja sama semua pihak khususnya garda prodi yang mengawal proses hingga predikat Unggul diraih. ***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024