Cilacap (ANTARA) - Menyadari pentingnya literasi bagi anak-anak sekolah dasar (SD), sejumlah Perwira PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap melakukan aksi berbagi di SD Negeri 05 Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (16/6). 

Perwira yang tergabung dalam Relawan Pertamina Peduli (Relpi) itu berbagi buku, alat tulis sekolah, paket sajadah, dan mengadakan kelas inpirasi.

Kegiatan bertajuk "Berbagi Ilmu dan Inspirasi, Tebar Buku Cilacap 2023" tersebut diikuti siswa-siswi kelas 5 yang diawali dengan penyerahan secara simbolis bantuan buku sekitar 600 eksemplar, alat tulis sekolah, serta 4 paket sajadah untuk musholla di kompleks sekolah. 

Koordinator Relpi Anton Wibowo mengatakan Tebar Buku menjadi salah satu cara Perwira memanfaatkan kembali buku-buku fiksi maupun nonfiksi milik keluarga Pertamina.

"Sebelumnya kami sudah membuka donasi buku-buku jenis apa pun yang masih bisa dimanfaatkan ulang. Setelah disortir, dibagikan pada kesempatan Tebar Buku hari ini. Ini akan menjadi program rutin Relpi," jelasnya.

Sementara di kelas inspirasi, Anton selama 1 jam berbagi pengetahuan seputar operasional perusahaan PT KPI sebagai penyedia energi, diselingi permainan dan sesi merangsang anak-anak berani menulis mimpi serta cita-cita. 

"Kami menantang anak-anak menulis cita-cita mereka di selembar kertas dan ditempel. Ini akan menjadi kenangan tak terlupakan seraya berharap cita-cita mereka benar-benar menjadi nyata," ungkapnya.

Baca juga: Ini kontribusi Kilang Cilacap dalam TMMD Sengkuyung di Desa Kedungbenda

Anton mengharapkan kegiatan yang berlangsung satu hari itu memberikan manfaat untuk anak-anak dan pihak sekolah. 

"Tentu harapan kita semua, apa yang kami bagikan baik bantuan fisik maupun kelas inspirasi juga memberikan inspirasi untuk anak didik sekolah ini. Membuka wawasan dan pemahaman baru yang belum pernah didapatkan," tegasnya.

Salah seorang siswa kelas 5, Rafiq Ardiansyah mengaku sangat senang mendapatkan ilmu baru dari Relpi. 

"Terima kasih atas ilmunya. Saya juga jadi berani menuliskan cita-cita saya, semoga di lain waktu bisa bertemu lagi," katanya. 

Kepala SD Negeri 05 Tritih Wetan Rasimin menyambut antusias kegiatan Relpi yang disebutnya sangat bermanfaat untuk anak-anak. 

"Kami bangga dan mengapresiasi para relawan dari Pertamina Cilacap ini. Di sela-sela kesibukan mereka, masih menyempatkan diri berbagi ilmu, berbagi wawasan untuk anak didik kami," katanya.

Baca juga: Serikat Pekerja Pertamina Cilacap gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah se-Jawa
Baca juga: Kilang Cilacap-Perumdam Tirta Wijaya sepakati amandemen kerja sama

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024