Semarang (ANTARA) - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menjanjikan bonus bagi atlet yang bisa menyabet gelar juara pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah 2023.

"Saya minta anak-anakku untuk nantinya mencapai yang terbaik. Karena nanti di anggaran (APBD) perubahan akan diberikan bonus," kata Ita, sapaan akrab Hevearita, di Semarang, Jumat.

Hal tersebut disampaikan wali kota perempuan pertama di Kota Semarang itu saat pelepasan 230 atlet yang menjadi kontingen Kota Atlas pada Popda Jateng 2023, di Balai Kota Semarang.

Menurut dia, pemberian bonus kepada atlet yang menjadi juara pada Popda Jateng 2023 itu sebagai bentuk dukungan dan perhatian Pemerintah Kota Semarang kepada atlet-atlet muda berprestasi.

Diakuinya, bonus tersebut memang belum dialokasikan pada APBD 2023, tetapi akan dianggarkan pada APBD Perubahan 2023 sebagai bentuk dukungan terhadap atlet-atlet berprestasi.

"Di tahun anggaran 2023 belum ada, tetapi saya minta di perubahan anggaran nanti bisa dianggarkan untuk atlet-atlet berprestasi. Dan ini merupakan perhatian dari Pemkot Semarang kepada generasi penerus atlet-atlet berprestasi," katanya.

Selain bonus, Ita juga ingin atlet-atlet yang berprestasi itu bisa mendapatkan beasiswa di sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta sehingga bisa menambah semangat belajar.

"Saya juga ingin nanti dari Dinas Pendidikan bagi yang sekolahnya di swasta bukan negeri, nanti juga bisa mendapat beasiswa. Sehingga ini harus dipacu, harus beri semangat untuk mereka bisa menjadi atlet-atlet yang terbaik dari Kota Semarang," katanya.

Di hadapan para pelajar, Ita tidak lupa untuk memberi motivasi kepada para kontingen agar mendapat juara dan kembali membawa Kota Semarang merebut juara umum Popda setelah tahun lalu absen.

"Harus berjuang, harus bisa membanggakan Kota Semarang. Karena pelajar-pelajar ini kan masih muda sehingga kami harapkan dapat menjadi bibit-bibit yang luar biasa. Tentu kami berharap mereka bisa mendapatkan yang terbaik dan bisa menjadi juara umum," pungkasnya.

Popda Jateng 2023 rencananya diselenggarakan di Kota Semarang dalam dua tahap, yakni tahap I dilaksanakan pada tanggal 20-23 Juni 2023 dan tahap II dilaksanakan pada tanggal 25-28 Juni mendatang.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024