Solo (ANTARA) - Perusahaan swasta yang bergerak di bidang perdagangan elektronik Tokopedia mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal melalui Inisiatif Hyperlocal. 

Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya di Solo, Rabu mengatakan inisiatif perusahaan tersebut menjadikan produk keset, tanaman dinding, lilin, lukisan, dan tanaman artificial sebagai kategori dekorasi terlaris di Kota Surakarta pada periode kuartal I 2023.

"Sedangkan, produk lilin aroma terapi, keset, jam meja, tanaman artificial, dan hiasan dinding sebagai produk terlaris kategori dekorasi di Kabupaten Sukoharjo pada periode kuartal I 2023," katanya. 

Khusus produk lilin aromaterapi, dikatakannya, khusus di Kabupaten Sukoharjo pada kuartal 1 2023 terjadi peningkatan jumlah transaksi hingga 1,5 kali lipat dibandingkan kuartal 4 tahun lalu. 

Melihat capaian tersebut, ia berharap program Inisiatif Hyperlocal dapat mendorong pegiat UMKM khususnya di Kota Surakarta untuk berani memulai dan mengembangkan bisnis melalui pemanfaatan teknologi agar dapat memperkuat bisnis bahkan meningkatkan transaksi.

Pada kesempatan yang sama, produsen lilin aromaterapi asal Kabupaten Sukoharjo Jessica mengatakan selama ini pemasaran produknya terbantu dengan program yang dimiliki Tokopedia. 

Pemilik usaha Bleu Living ini mengatakan pemasaran melalui Tokopedia dilakukan sejak tahun 2020. 

Terkait dengan awal berkecimpung di usaha tersebut, menurut dia dimulai dari ketertarikannya dengan lilin aromaterapi. Pada saat itu, Jessica memutuskan untuk mulai belajar membuat lilin esensial alami berbahan dasar vegan. 

Seiring dengan berjalannya waktu ia melihat peluang bisnis dan memulai menjual lilin buatan tangan dengan bahan dasar wax kacang kedelai yang dinilai lebih ramah lingkungan, serta sebagai bahan dasar pengganti parafin.

"Kami memiliki berbagai pilihan produk lilin aromaterapi dan reed diffuser dengan pemilihan nama menyesuaikan mood wangi produk. Salah satu produk terlaris kami yaitu Sunday Morning, lilin aromaterapi dengan sensasi wangi segar dan manis, serta menenangkan seperti suasana Minggu pagi yang tenang," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024