Kudus (ANTARA) - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan personel untuk melakukan penjagaan dan pengamanan di sejumlah gereja yang melaksanakan ibadah peringatan Kenaikan Isa Almasih, Kamis.

Menurut Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto pengamanan di sejumlah gereja itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani yang sedang melaksanakan ibadah kebaktian peringatan Kenaikan Isa Almasih.

"Kami juga sudah menempatkan personel di semua gereja yang menggelar peringatan Kenaikan Isa Almasih dengan pengamanan secara terbuka maupun tertutup. Kami juga akan bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Kudus," ujarnya.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kudus Kompol Catur Kusuma Adi menambahkan personel pengamanan disiagakan di sejumlah gereja yang menggelar peringatan Kenaikan Isa Almasih sejak hari Rabu (17/5).

Sementara jumlah gereja yang menjadi sasaran pengamanan, kata dia, ada 38 gereja dan dua tempat ibadah yang diamankan dalam peringatan Kenaikan Isa Almasih.

"Pengamanan dilaksanakan selama kegiatan digelar karena ada yang melaksanakan kegiatan ibadah di pagi dan sore hari," ujarnya.

Sejauh ini, imbuh dia, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Kudus masih kondusif.

Menjelang peringatan Isa Almasih, Satuan Samapta Polres Kudus juga melakukan sterilisasi di sejumlah gereja menggunakan alat metal detektor dan anjing pelacak guna memastikan ada tidaknya benda mencurigakan dan membahayakan, baik di lingkungan luar maupun dalam Gereja di Kudus.

Dalam sterilisasi tersebut, ada empat gereja yang menjadi prioritas, yakni Gereja ST Yohanes Evangelista, Gereja Isa Almasih Kudus, Gereja GKMI Kenari, dan Gereja GKMI Rayon 1 Kudus karena memiliki jumlah jemaat cukup banyak. 

 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024