Cilacap (ANTARA) - Yayasan Rintisan Amal Bunda Cilacap pada kuartal pertama tahun 2023 telah menyalurkan 33.695 paket sayuran gratis melalui program Papan Sedekah Sayur di 21 lokasi se-Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"33.695 paket sayuran gratis yang kami bagikan untuk masyarakat sekitar pada periode Januari-Maret 2023 itu berisi sayur, lauk pauk, dan bumbu," kata Ketua Ketua Yayasan Rintisan Amal Bunda Cilacap Anita Ratna Faoziyah di Cilacap, Kamis.

Dia mengatakan, 21 lokasi Papan Sedekah Sayur itu sebagian besar tersebar di Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Jeruklegi, dan Kesugihan.

Menurut dia, semangat dari program Papan Sedekah Sayur adalah makin banyak dermawan yang memberikan sedekah berupa uang atau sayur mayur, sehingga bermanfaat bagi para penerima manfaat.

"Alhamdulillah, hampir tiga tahun Papan Sedekah Sayur hadir di Cilacap, dan hingga saat ini masih konsisten melayani hingga 11.000 paket sayuran setiap bulan," jelasnya. 

Hingga saat ini, kata dia, lebih dari 30.000 penerima manfaat yang tersebar di 21 lokasi merasakan kehadiran program Papan Sedekah Sayur.

Anita mengatakan penerima manfaat Papan Sedekah Sayur di antaranya para lansia yang tinggal sebatang kara, nelayan yang kesulitan mendapatkan hasil laut, tukang becak yang kesulitan mendapatkan penumpang, ibu yang kesulitan mencukupi kebutuhan gizi anaknya, dan sebagainya.

Bahkan jika ada tukang sayur yang kesulitan mendapatkan pembeli, lanjut dia, Amal Bunda akan membeli dagangannya untuk ditaruh di Papan Sedekah

"Dengan paket sayur seharga Rp10.000, kita bisa memberi makan satu keluarga. Terlebih pada bulan Ramadhan ini, bisa untuk makan berbuka atau sahur saudara kita," katanya.

Dia mengharapkan kegiatan tersebut bisa terus berkembang dan lebih banyak lagi orang yang dibantu. 

"Karena memang sebaik-baiknya manusia di mata Allah SWT, yaitu manusia yang bisa berguna bagi sesama," tegasnya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024