Kudus (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengimbau warga mewaspadai makanan dan minuman yang dijual sudah lewat masa berlaku karena setiap Ramadhan hingga menjelang Lebaran sering kali dimanfaatkan pedagang untuk mendapatkan keuntungan, tanpa peduli ketentuan kedaluwarsa.
 
"Lebih baik masyarakat lebih waspada dengan cara teliti sebelum membeli, baik makanan maupun minuman kemasan, yang dijual di pasar tradisional maupun pasar modern," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Djatmiko Muhardi di Kudus, Rabu.
 
Untuk mengajak masyarakat Kabupaten Kudus lebih teliti dalam membeli barang kebutuhan, beberapa waktu lalu Dinas Perdagangan juga mengedukasi masyarakat soal keamanan pangan dengan menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).
 
Dengan harapan, kata dia, konsumen di Kudus lebih cerdas dan tidak mudah tertipu atau dirugikan oleh produsen atau penjual.

Baca juga: Pemkot Surakarta : Ada makanan kedaluwarsa dan cacat kemasan
 
Terkait dengan pengawasan dan razia terhadap seluruh produk beredar untuk mengantisipasi peredaran produk kedaluwarsa dan mengandung zat berbahaya, pihaknya juga merencanakan pengawasan di pasar tradisional maupun pasar modern, sedangkan sebelumnya Polres Kudus juga berkoordinasi terkait dengan kegiatan tersebut.

Polres Kudus tercatat sudah dua kali menggelar pengawasan makanan di pasar modern maupun pasar tradisional, sedangkan hari ini (5/4) menyasar Swalayan Super Indo, Indomaret, dan Pasar Bitingan Kudus.
 
Kasat Samapta Polres Kudus AKP Ngatmin mengakui hasil pengawasan hari ini tidak menemukan produk pangan kedaluwarsa.

Jika ada pihak yang sengaja melanggar ketentuan kedaluwarsa itu, katanya, bisa dijerat dengan aturan yang berlaku.
 
"Pengawasan tetap kami lakukan dengan harapan tidak ada spekulan dan oknum yang mengambil keuntungan bisa merugikan masyarakat. Kegiatan ini dalam rangka memberikan rasa aman kepada konsumen di Kudus, karena banyak pedagang yang menjajakan aneka produk makanan dan minuman jelang Lebaran," ujarnya.
 
Selain mengecek keamanan produk pangan, tim Polres Kudus juga memantau harga kebutuhan pokok masyarakat serta ketersediaan di pasaran.

Baca juga: Pemkot Pekalongan ingatkan warga teliti saat berbelanja cegah produk kedaluwarsa
Baca juga: Jelang lebaran, pengelola pusat perbelanjaan diminta awasi makanan kedaluwarsa
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024