Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melalui Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Al Islam Kemuhammadiyahan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Bidang Kemahasiswaan (Rakor Formawa) Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Jateng LLDIKTI Wilayah VI, Jumat (10/3). 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan aktivitas kemahasiswaan menjadi kunci keberhasilan perguruan tinggi. 

"Kami ucapkan selamat datang atas kepercayaan Ibu Bapak sekalian menjadikan UMP sebagai tuan rumah. Kami sangat berharap sambutan kami diterima Ibu Bapak semua," katanya. 

Ia mengaku sangat berharap kegiatan tersebut akan mendatangkan manfaat karena keterlibatan semua peserta rakor terhadap aktivitas kemahasiswaan itu menjadi kunci keberhasilan perguruan tinggi ketika akan melakukan akreditasi.

Baca juga: Turunkan angka stunting, UMP gelar penyuluhan di Gumelem Banjarnegara

Menurut dia, keberhasilan dalam mengelola aktivitas kemahasiswaan itu sangat berdampak pada publikasi mahasiswa baru. 

Terkait dengan hal itu, Rektor UMP mengajak para rektor untuk bisa menjalin kerja sama yang lebih kuat dalam membidik kemahasiswaan pada aspek internasional. 

"Kita coba jalin internasionalisasi untuk pengelolaan aktivitas kemahasiswaan. Ini yang sedang kami coba lakukan seiring dengan pelayanan UMP untuk melakukan akreditasi internasional pada beberapa program studi," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Formawa Jateng Dr Kusni Ingsing MM mengatakan dalam membina mahasiswa itu tidak ada bedanya, baik perguruan tinggi kecil ataupun perguruan tinggi besar. 

"Kita sama-sama mencerdaskan anak bangsa. Jadi tugas kita selain memajukan organisasinya dan jangan salah kita juga ini membina mahasiswa. Kebanggaan bagi Jawa Tengah bahwa kita menjadi juara umum," tegasnya.(tgr)

Baca juga: UMP masuk 20 Kampus Muhammadiyah Terbaik di Indonesia versi uniRank 2023
Baca juga: Prodi Pendidikan IPS Program Magister UMP dan MGMP IPS Purbalingga gelar LCC

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024