Purwokerto (ANTARA) - Presenter kondang Andy F Noya memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa Fakultas Biologi (Fabio) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dalam seminar dengan tema "Berproses Meraih Sukses" yang merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke-60 Fabio Unsoed.

Seminar yang digelar di Aula Fabio Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (7/2), dibuka oleh Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr.

Dalam sambutannya, Rektor menjelaskan tentang adanya VUCA berupa volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity yang tidak bisa dielakkan, serta menyiasatinya juga dengan VUCA. 

"Mahasiswa harus memiliki pandangan yang visioner, yaitu menatap masa depan dengan gagah, gemilang, tanggap, apalagi di dalam bendera Panglima Jenderal Soedirman yang pantang menyerah," kata Prof Sodiq.

Sementara saat menyampaikan materi, Andy F Noya memberikan inspirasi dan motivasi kepada para mahasiswa peserta seminar. 

Ia mengaku teringat pada guru SD ketika masih duduk di bangku kelas 4 dan saat itu dirinya dinilai punya bakat dalam hal menulis. 

Saat itu, kata dia, guru tersebut menjelaskan bahwa pekerjaan yang tepat untuknya adalah menjadi wartawan.

Baca juga: Implementasikan Tri Dharma, Unsoed dan BUMN Track jalin kerja sama

Andy mengatakan sejak menemukan bahwa wartawan adalah pekerjaan yang cocok dengan lentera hidupnya, dia pun mengejar dan mewujudkan mimpi itu. 

"Kalau kita bekerja pada bidang yang kita sukai, urusan sukses itu relatif tinggal tunggu waktu. Sukses adalah ketika kita bahagia dalam hidup kita," jelasnya.

Menurut dia, hal itu disebabkan orang mengejar kekayaan atau orang mengejar segala harta duniawi adalah untuk mencari kebahagiaan, karena hakikat hidup manusia adalah mencari kebahagiaan.  

"Definisi sukses adalah ketika kita dengan kemampuan kita, usaha kita, kita sukses baik secara finansial maupun secara sosial, yaitu kita bisa memberikan dampak atau manfaat pada masyarakat," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, host acara Kick Andy dan founder benihbaik.com itu juga mencontohkan beberapa orang yang sukses dalam hidup. 

Seminar yang juga menghadirkan Direktur Utama PT PNM  Arief Mulyadi selaku narasumber itu dihadiri pula oleh Wakil Rektor Unsoed Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Fakultas Biologi beserta para Wakil Dekan, para dosen, dan mahasiswa. 

Baca juga: Tim Layanan Kehumasan dan Informasi Publik ISI Surakarta "belajar" di Unsoed
Baca juga: Unsoed Purwokerto ambil sumpah 23 dokter baru
Baca juga: Sumpah Marhamdani usai jalani sumpah dokter di Unsoed

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024