Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak 23 dokter baru dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengikuti Sumpah Dokter Periode Ke-59.

Sumpah dokter yang digelar di Aula Lantai 3, Gedung C Dekanat FK Unsoed Purwokerto, Kamis (2/2), dipimpin oleh Dekan FK Unsoed Dr. dr. MM Rudi Prihatno, M.Kes., M.Si., Med., SpAn-KNA.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Noor Farid, M.Si., Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. mengatakan saat ini sedang memasuki era di mana kualifikasi dan kompetensi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia profesional.  

Menurut dia, kualifikasi ditandai dengan dimilikinya atribut legal formal berupa ijazah yang diterbitkan dari institusi formal, sedangkan kompetensi dimanifestasikan melalui kemampuan kerja yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan serta harapan dari penerima manfaat pekerjaan tersebut.

Baca juga: Sumpah Marhamdani usai jalani sumpah dokter di Unsoed

Oleh karena itu, dia mengajak kepada para dokter baru untuk selalu meletakkan profesionalisme kerja sebagai cara pandang, sikap dan perilaku, khususnya dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai seorang dokter.   

"Tidak lupa, kami menitipkan pesan untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan, serta mengasah kecakapan berkomunikasi dengan pasien, rekan sejawat, dan stakeholders terkait, karena Insyaallah akan mengokohkan pengakuan dan kepercayaan khalayak kepada kita sebagai tenaga profesional di bidang kesehatan," kata Rektor. 

Perwakilan dari dokter baru, dr. Marhamdani mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada guru-guru mereka atas semua ilmu yang telah diberikan. 

"Juga terima kasih kepada orang tua yang selalu berusaha dan bekerja keras dalam memberikan dukungan baik materiel maupun moril selama menempuh pendidikan kedokteran," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Marhamdani mewakili dokter baru mohon doa restu kepada seluruh pihak yang hadir agar dapat mengamalkan ilmu yang telah didapat dan berharap bisa menjadi insan yang bermanfaat bagi sesama. 

Hadir dalam kegiatan Sumpah Dokter Periode Ke-59 di antaranya Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan FK beserta para Wakil Dekan, direktur rumah sakit jejaring, Ketua IDI Banyumas, Ketua Jurusan, Kepala Departemen, dan undangan.


Baca juga: UPL MPA UNSOED sukses gelar Pendidikan Dasar XXXIX
Baca juga: Anak buruh tani ini jadi wisudawan terbaik Unsoed Purwokerto

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024