Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjalin kerja sama dengan PT Mediasuara Shakti selaku pengelola majalah BUMN Track dan laman bumntrack.co.id dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed Dr.Wahyuningrat, M.Si. dan Direktur Utama PT Mediasuara Shakti Ir. Syamsudin Hadi Sutarto MI di Ballroom Gedung IAB Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (1/2).

Tujuan kerja sama tersebut berkaitan dengan pembelajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sedangkan ruang lingkup PKS meliputi pemagangan/praktik kerja, pengajaran/asistensi pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan konferensi/seminar/workshop, dan kegiatan lain yang disepakati. 

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Mediasuara Shakti Ir. Syamsudin Hadi Sutarto MI  menyampaikan tentang profil BUMN Track, yang hadir untuk mengulas dan menjadi referensi informasi sepak terjang perusahaan pelat merah atau BUMN yang memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan ekonomi bangsa. 

Menurut dia, hal itu termasuk sebagai pengawasan publik bagi perusahaan-perusahaan yang tujuan utamanya untuk peningkatan taraf ekonomi bangsa.  

"BUMN Track sebagai satu-satunya media cetak terpercaya di kalangan BUMN dan kini berusia 16 tahun. BUMN Track tengah bertransformasi mengembangkan diri ke ranah digital dengan menghadirkan berbagai layanan yang memanfaatkan potensi resources yang ada," jelasnya.

Baca juga: Tim Layanan Kehumasan dan Informasi Publik ISI Surakarta "belajar" di Unsoed

Surarto pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dan berharap agar PKS yang telah ditandatangani dapat segera direalisasikan secara teknis, sehingga dampak dari kebersamaan tersebut akan langsung terasakan masing-masing pihak.

Sementara dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Dekan FISIP Dr. Wahyuningrat, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. mengatakan kualitas lulusan perguruan tinggi menjadi salah satu indikator yang menunjukkan apakah suatu kampus telah menunjukkan kinerja terbaiknya.  

Menurut dia, hal itu diukur dengan apakah mereka akan studi lanjut, berwirausaha, atau segera bekerja dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama setelah lulus nanti. 

Ia mengatakan melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa difasilitasi untuk dapat belajar di luar kampus dalam format magang di dunia industri dan dunia kerja (Iduka) selama satu semester dan diakui/disetarakan sebesar 20 satuan kredit semester (SKS). 

"Harapannya, kelak setelah lulus, mereka bisa langsung diterima di dunia kerja, sehingga mendukung peningkatan produktivitas dan daya saing bangsa," katanya

Lebih lanjut Rektor mengatakan dengan adanya kerja sama antara perguruan tinggi dengan Iduka menjadi pintu gerbang untuk memulai langkah-langkah sebagaimana tersebut di atas. 

"BUMN Track kiranya dapat menjadi mitra strategis bagi fakultas dan program studi, khususnya memfasilitasi magang di bidang sosial humaniora, komunikasi massa, kehumasan serta yang terkait," kata Rektor.

Baca juga: Unsoed Purwokerto ambil sumpah 23 dokter baru
Baca juga: Sumpah Marhamdani usai jalani sumpah dokter di Unsoed

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024