Karanganyar (ANTARA) - Ratusan warga dari berbagai daerah mengikuti acara Festival Durian 2023 yang digelar di kawasan Bendungan Gondang Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin.

Pada acara festival durian yang digelar oleh Pemerintah Desa Gempolan yang bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) di kawasan yang dikenal daerah sentra durian tersebut akan berlangsung selama empat hari, yakni mulai Senin hingga 9 Februari 2023 mendatang.

Pada acara festival durian yang dibuka oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono disambut antusias ratusan pengunjung dari berbagai daerah di Soloraya.

Menurut Bupati Karanganyar Juliyatmono,  buah durian asal Desa Gempolan ini, memiliki aroma khas. Festival durian ini, sekaligus mengenalkan Desa Gempolan sebagai kampung durian di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Durian Gempolan ini, salah satu kekayaan alam yang tidak bisa dimiliki daerah yang lain, karena posisi tanahnya bagus dan rasa duriannya juga khas. Ini terus dikembangkan menjadi salah satu sentra durian.

Sementara itu, Kepala Desa Gempolan Suhardi mengatakan pada festival durian di Desa Gempolan sudah digelar sebanyak dua kali. Penyelenggaraan tahun ini, ada sebanyak 35 stand durian dan dua stand UMKM yang ikut meramaikan festival.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar mengingat momen awal 2023 ini, sudah memasuki musim panen buah durian," katanya.

Lokasi festival sengaja dipilih di Waduk Gondang, karena sekaligus mengenalkan waduk ke masyarakat. Karena banyak warga yang belum bisa masuk ke waduk karena belum dibuka secara resmi.

Pengunjung dapat mencicipi berbagai macam jenis durian mulai dari durian mentega, ketan, durian matahari dan lainnya sekaligus berwisata di Bendungan Gondang. Harga durian yang dijual di acara festival tersebut cukup terjangkau mulai dari Rp30 ribu hingga sekitar Rp100 ribu per biji.

Salah satu pengunjung asal Boyolali Ayudha mengatakan dirinya semula mendapatkan informasi adanya festival durian dari media sosial.

Menurut dia, harga durian yang dijual cukup terjangkau dan cukup murah serta rasanya enak. Meski lokasi festival durian jauh dari Boyolali, tetapi sebanding dengan rasa durian yang enak dengan harga murah.

"Pengunjung selain dapat menikmati enaknya rasa durian, juga melihat pemandangan indah di Bendungan Gondang Karanganyar itu, kata Ayunda. 
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024