Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menetapkan Kilang Cilacap sebagai proyek percontohan penerapan Process Safety-Asset Integrity Management System (PS-AIMS) karena dinilai paling lengkap dan kompleks.

Penetapan tersebut didasari oleh kondisi di sebuah industri yang mempunyai risiko tinggi seperti industri nuklir, minyak dan gas, serta industri kimia, sistem manajemen untuk mencegah kecelakaan produksi terus berubah. 

Salah satu evolusi terakhir terkait Process System Management (PSM) adalah Management Integrity Asset/ Asset Integrity Management System (AIMS). 

Menjawab komitmen peningkatan manajemen keselamatan proses yang mencakup AIMS tersebut, Manajemen PT KPI RU IV Cilacap mengikuti sosialisasi dan visitasi tim untuk persiapan Rolling Out Project dan Go Live Procedure Safety – AIMS di Ruang Rapat Flamboyan Gedung Head Office RU IV, Senin (23/1).
 
Dalam kesempatan tersebut hadir pula para penanggung jawab dari kantor pusat PT KPI maupun PT KPI RU IV Cilacap.
 
General Manager PT KPI RU IV Edy Januari Utama mengharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi tantangan untuk meningkatkan pengelolaan aspek safety dan keandalan.

"Seperti diketahui kilang-kilang di jajaran PT KPI beroperasi secara maksimal hampir menyentuh kapasitas demand, maka aspek keandalan menjadi penting," jelasnya. 

Baca juga: Momentum HUT Ke-65 Pertamina, pelari dari Kilang Cilacap tempuh jarak 65 Km

Mewakili Chief of Process Engineering and Improvement PT KPI Sahkundiyar menyatakan Kilang Cilacap layak menjadi pilot project (proyek percontohan) implementasi karena merupakan kilang paling kompleks dan lengkap terutama dari sisi Engineering and Development. 

"Resources di RU IV ini paling lengkap sehingga hasil diskusi penguatan Process Safety-Asset Integrity Management System (PS-AIMS) bersama Direktur Operasi PT KPI pada tanggal 10 Januari 2023 menetapkan RU IV sebagai lokasi pilot project," tegasnya. 

Ke depan, lanjut dia, semua penanggung jawab dari seluruh RU akan bergabung di RU IV untuk mendapat pembekalan dari konsultan selama lima hingga enam bulan.

"Tujuannya, ketika satu siklus di RU IV selesai maka RU lain akan mengikuti," katanya. 

Center of Excellence PT KPI I Made Sukaraja menjelaskan selain berdasarkan konsep proses safety, penerapan PSM-AIMS tersebut mengacu pula pada kebijakan HSSE yang telah disetujui oleh Direktur Utama PT KPI pada 29 Maret 2022. 

"Ini adalah tindak lanjut pemenuhan rekomendasi Audit ISRS - 9 PT KPI tahun 2022. PS-AIMS ini sebagai peningkatan dan penguatan sistem yang sudah ada," jelasnya. 

Implementasi penguatan Safety & Asset Integrity Management System secara bertahap konsisten dan menyeluruh guna mencegah dan mengurangi potensi Major Accident itu, kata dia, telah dituangkan dalam komitmen yang ditandatangani bersama seluruh elemen Direktorat Operasi PT KPI di Surabaya pada 9 Desember 2022.

Baca juga: Kilang Cilacap tanam 1.000 pohon di lokasi rawan bencana
Baca juga: Cegah penyakit tidak menular, Kilang Cilacap berdayakan kader kesehatan kelurahan

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024