Magelang (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Magelang menggelar Pameran Edukasi Magelang (PEM) 2023 di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang, berupa puluhan gerai yang memberikan informasi seputar perguruan tinggi (PT).

Kepala SMAN 1 Kota Magelang Etty Syariah dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Senin, menjelaskan PEM bertujuan mengenalkan informasi kelanjutan studi dan PT kepada peserta PEM dan masyarakat umum.

"PEM ini merupakan 'event' (kegiatan) SMAN 1 setiap tahun sejak 2014. Meskipun sempat digelar 'online' (daring), tapi tahun ini bisa digelar lagi. Ini upaya membantu siswa terutama kelas XI dan XII serta pengunjung untuk mengais informasi tentan perguruan tinggi," katanya.

PEM merupakan wujud keikuterstaan keluarga besar SMAN 1 Kota Magelang yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa dan pengunjung PEM.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyatakan bangga dengan acara yang telah membuka cakrawala para siswa untuk mempersiapkan diri melanjutkan sekolah lanjutan.

"Kota Magelang itu kota yang sudah punya karakter, budaya, pendidikan yang sudah diperhitungkan di Jateng, bahkan Indonesia," katanya.

Namun, ia juga menyatakan prihatin masih ada anak yang tidak bersekolah di Kota Magelang yang jumlahnya mencapai 600 orang. 

Alasannya, katanya, karena memang tidak mau sekolah, urusan prasarana yaitu transportasi, ekonomi, dan disabilitas.

"Maka ini tugas Pemkot Magelang untuk mendorong mereka bersekolah. Kita di sini patut bersyukur karena punya kesempatan untuk sekolah. Tapi harus tetap membumi dengan masyarakat," ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah  Nikmah Nurbaity juga menyatakan bangga dengan siswa dan siswa SMAN 1 Kota Magelang yang sudah bekerja keras sehingga sukses menggelar PEM 2023.

Menurut dia, butuh proses yang tidak mudah, negoisasi, koordinasi sampai dengan mengundang perguruan tinggi dan tamu untuk datang ke kegiatan ini.

"Kalian hebat, saya sangat bangga pada kalian semua. Kerja keras kalian akan berbuah manis ke depan. Bapak/ibu guru juga selamat karena tidak hanya memberikan pelajaran saja tapi juga menjadi pemimpin bagi dirinya, teman-temannya dan untuk bangsa ini," ungkap dia.

 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024