Semarang (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) kembali menggelar ajang tahunan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2022. 

KMI Expo digelar sebagai wadah bagi Tim Wirausaha Mahasiswa untuk menunjukkan inovasi produknya. Peserta kegiatan ini merupakan tim kewirausahaan mahasiswa yang lolos seleksi dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) yang diselenggarakan oleh Belmawa di tahun 2022.

KMI Expo XIII dengan tema Entrepreneurship Change to Good Life berlangsung pada 22-25 November 2022 di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur.

Baca juga: Mahasiswa MM Unsoed berikan workshop ke UMKM

KMI Expo XIII diikuti sekitar 351 perguruan tinggi, 951 produk usaha dan lebih dari 3000 mahasiswa sebagai peserta. Selain itu terdapat 402 booth pameran dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mengirimkan tujuh tim mahasiswa P2MW dan dua tim mahasiswa IWDM. 

Tim mahasiswa P2MW terdiri atas Tim Radhika InstanQ (kategori makanan dan minuman), Ethnic Unic (kategori industri kreatif, seni, budaya, dan pariwisata), Glossy Hair Mask (kategori teknologi terapan), Harvest Fun (kategori produksi/budidaya), Punpun Garden (kategori jasa dan perdagangan), sedangkan tim mahasiswa IWDM terdiri atas Belajar.in (kategori edutech) dan Dgraf (kategori marketplace/e-commerce). 

Dalam ajang ini, Tim Punpun Garden mendapat penghargaan sebagai Juara Harapan 2 dalam Lomba Mading 3D Kewirausahaan.

Sementara itu salah satu dosen pendamping dari Unsoed Dr. Rumpoko Wicaksono, S.P., M.P. dinobatkan sebagai Pendamping Mahasiswa Wirausaha Terbaik KMI Expo XIII Tahun 2022.

Baca juga: Dosen Unsoed sabet the Best Presenter Konferensi Internasional di Ho Chi Minh City, Vietnam

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024