Semarang (ANTARA) - PLN hadir untuk memberikan jaminan keandalan listrik di tengah kemeriahan perhelatan akbar Muktamar Ke-48 Muhammadiyah Tahun 2022. Acara yang dibuka oleh Presiden Jokowi ini berlangsung pada 18-20 November 2022 di Solo. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta A.B. Wahyu Jatmiko menyampaikan rasa syukur atas kesuksesan PLN dalam mengawal  suplai kelistrikan di rangkaian acara Muktamar Muhammadiyah. 

"Semua skenario kelistrikan PLN berjalan baik  selama acara yang sangat penting dan luar biasa ini berlangsung. Semua berjalan lancar dan PLN sukses mengawal kelistrikan pembukaan hingga penutupan dengan tanpa kedip," kata Jatmiko. 

Baca juga: 827 warga DIY terima sambung baru listrik gratis PLN dari Pemerintah

Jatmiko menambahkan untuk menyukseskan acara ini, PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis melalui tiga unit uninterrutible power supply (UPS), satu unit genset dan dua unit kendaraan tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Selama periode siaga 18-20 November 2022, PLN juga menerjunkan total 249 personel yang terdiri dari 42 personel posko pembangkitan, 42 personel pengatur operasi, 60 personel transmisi gardu induk, 105 personel teknik distribusi. Petugas tersebut disiagakan di tiga lokasi acara, dua lokasi penting, dan 12 lokasi pendukung. 

Dalam acara yang melibatkan ribuan orang ini, PLN juga membangun Mobile Commando Post (MCP) atau pos siaga bergerak yang berfungsi sebagai pusat pengaturan dan pemantauan sistem ketenagalistrikan yang berfokus pada pasokan kelistrikan acara yang sedang berlangsung.

Selain fungsi pemantauan, MCP juga berfungsi sebagai pusat pengaturan petugas di posko, penyebaran informasi sistem, koordinasi logistik dan pusat pelaporan pemantauan parameter peralatan supply melalui sistem SCADA (Supervisory Control and data acquisition). 

"Selain dukungan pengaman listrik berlapis dan personil siaga, PLN juga membangun MCP, yaitu sebuah kendaraan yang akan bekerja sebagai pusat distribusi informasi, komando, komunikasi dan koordinasi di lapangan. Dengan adanya MCP ini diharapkan dapat memberikan respon cepat koordinasi di lapangan." jelas Jatmiko. 

Baca juga: Pantura Jawa Tengah diterpa angin kencang dan puting beliung, PLN sigap pulihkan listrik

Hasyim Asyari selaku Kepala Bagian Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Muktamar Ke-48 Muhammadiyah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas dukungan keandalan kelistrikan PLN. 

"Terima kasih banyak atas support selama rentetan kegiatan Muktamar ke 48, sejak 5 - 20 November 2022 sehingga pasokan listrik aman dan handal  Kami juga mohon maaf jika selama berinteraksi ada yang kurang berkenan. Sampai jumpa pada kegiatan mendatang" ujarnya 

Selama masa siaga, PLN tidak hanya memastikan keandalan kelistrikan pada lokasi berlangsungnya acara saja namun melakukan penjagaan keandalan kelistrikan juga pada lokasi pendukung lainnya seperti hotel, penginapan, tempat wisata bahkan dapur umum yang dibangun sebagai fasilitas untuk ribuan partisipan penggembira Muktamar Muhammadiyah ini.

Baca juga: Pasokan listrik aman selama KTT G20, Presiden berikan apresiasi

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024