Purwokerto (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Soediram Robotic Team (SRT) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mengadakan kegiatan pengabdian mahasiswa ke SMK Negeri 1 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kegiatan yang mengusung tema "Pengenalan Dunia Robotika melalui Pengabdian Pengurus Soedirman Robotic Team di SMK Negeri 1 Purwokerto" itu digelar pada hari Rabu-Kamis (16-17/11). 

Ketua pelaksana kegiatan pengabdian Ilman Agil Ramadhan (mahasiswa Jurusan Ilmu Politik 2019) mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat siswa terhadap dunia robotika. 

"Sesuai dengan tema yang diusung, kegiatan ini ditujukan bagi para siswa untuk lebih mengenal dunia robotika," tegasnya.

Menurut dia, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dengan sistem tatap muka itu diikuti oleh siswa kelas 12 jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). 

"Pengenalan robotika ini tidak hanya sebatas pengenalan dalam bentuk teoritis, para peserta diajak untuk mengerjakan suatu proyek bersama yang dikerjakan secara berkelompok. Proyek yang akan dibuat, yaitu Smart Door Lock with Arduino Nano using Finger Print," jelasnya.

Baca juga: Unsoed Purwokerto tuan rumah pertemuan Wakil Dekan Akademik FIB se-Indonesia

Kegiatan hari pertama diawali dengan pembukaan dari pihak sekolah, Ketua UKM SRT, dan Penanggung jawab kegiatan. Dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Tim Teknis SRT mengenai dasar proyek yang akan dibuat. 

Dalam pemaparannya, Tim Teknis menjelaskan mengenai komponen yang akan digunakan, tata cara pengerjaan proyek, serta rangkaian yang disimulasikan melalui aplikasi rangkaian. 

Pemaparan tersebut bertujuan agar para peserta kegiatan mampu untuk memahami mengenai dasar komponen proyek dan dapat dengan baik mengeksekusi dalam praktik di kegiatan hari kedua. 

Setelah pemaparan, untuk mencairkan suasana para peserta dan panitia bersama-sama bermain permainan tebak-tebakan. Kegiatan hari pertama ini berakhir sesuai dengan yang telah ditentukan dalam susunan acara.

Sementara pada hari kedua, kegiatan berfokus pada praktik proyek yang sebelumnya telah dipaparkan. Sebelum mengerjakan proyek, Tim Teknis menjelaskan mengenai proyek yang akan dibuat, yaitu Smart Door Lock with Arduino Nano using Finger Print

Baca juga: Unsoed terima hibah tanah dari Pemkab Cilacap

Setelah mendapat penjelasan mengenai proyek yang akan dibuat, para peserta kemudian membuat proyek tersebut dengan tetap didampingi oleh Tim Teknis. Tim Teknis yang membimbing siswa dalam proyek tersebut, yaitu Zaky, Yeremia, Bara Nagatha, dan Arsyada.

Pengerjaan proyek tersebut dilaksanakan berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi. Masing-masing kelompok kemudian menjelaskan mengenai hasil proyek yang dibuat. 

Perwakilan dari masing-masing kelompok dengan antusias dan cakap dapat menjelaskan mengenai proyek yang mereka buat. Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan gim yang dipandu oleh Dina dan Syahrul. Kegiatan pada hari kedua itu ditutup dengan dokumentasi bersama yang sekaligus menandakan telah berakhirnya rangkaian kegiatan pengabdian pengurus.

Ketua UKM SRT Nur Muhamad Taufik (mahasiswa Teknik Elektro 2019) mengharapkan kegiatan pengabdian pengurus UKM Soedirman Robotic Team di SMK Negeri 1 Purwokerto dapat menambah pengalaman dari para peserta dan dapat menumbuhkan minat peserta dalam dunia robotika.


Baca juga: Praktisi Mengajar, Hadirkan inspirasi kehumasan bagi Mahasiswa Komunikasi Unsoed
Baca juga: Mahasiswa UNSOED Raih Gold Medal & Special Award Di Indonesia Inventors Days 2022

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024