Pati (ANTARA) - Penjabat Bupati Pati, Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan peringatan Sumpah Pemuda harus menjadi momentum bagi para generasi muda membangkitkan kembali Karang Taruna dalam mengembangkan potensi daerah.

"Kabupaten Pati memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, tinggal kemampuan sumber daya manusia yang ada memanfaatkan potensi yang ada. Karang Taruna yang mulai dibangkitkan harus benar-benar memiliki peran dalam pengembangannya," kata Henggar dalam acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar Karang Taruna Kecamatan Winong di Pasar Hewan Winong, Pati, Kamis (27/10).

Dia berharap kepeloporan pemuda di Kecamatan Winong bisa menginspirasi para pemuda di seluruh Kabupaten Pati, sehingga pemuda di organisasi kepemudaan masyarakat dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Siswa SMP Nasima kenakan baju profesi

Semangat Sumpah Pemuda juga harus dijadikan semangat kebangkitan Karang Taruna di desa agar lahir generasi muda yang tangguh dan siap membangun desa, Kabupaten Pati, dan bangsa Indonesia.

Henggar optimistis ketika pemuda mau bergerak dan berpikir serta bertindak, maka berbagai potensi yang dimiliki dapat terus dikembangkan hingga bisa menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu, kami berharap generasi muda Pati dapat menjadi pelopor persatuan bangsa dalam upaya bangkit dari pandemi dan menghadapi ancaman krisis ekonomi," ujar Henggar.

Sejumlah kegiatan juga digelar di Kabupaten Pati untuk memperingati Sumpah Pemuda, seperti senam sehat, donor darah, dan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Surakarta bangkitkan semangat Sumpah Pemuda lewat konser Rhapsody Nusantara
Baca juga: Warga Terban kibarkan Merah Putih di Gunung Patiayam peringati Sumpah Pemuda

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024