Purwokerto (ANTARA) - Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengadakan Kuliah Pertanian Organik di Ruang Kuliah A.2.16, Gedung Pascasarjana Faperta Unsoed, Jumat (30/9).

Kegiatan kuliah kali ini terasa berbeda, karena yang menjadi pembicara atau dosen adalah seorang praktisi. Ia adalah Indra Tri Prayugi, S.Pi dari Bagian Riset dan Pengembangan (R&D) PT Petrokimia Gresik. 

Indra sengaja hadir dari Gresik, Jawa Timur, untuk berbagi ilmu dan pengalaman secara langsung pada para mahasiswa Program Studi Agroteknologi Faperta Unsoed.

Kegiatan kuliah ini menjadi bagian dari Program Praktisi Mengajar Episode Ke-20 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada pertengahan tahun 2022. 

Pada kegiatan Praktisi Mengajar ini, praktisi yang hebat-hebat dari dunia industri diundang datang ke kampus untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya pada mahasiswa dan dosen. 

Baca juga: Pakar pertanian Unsoed : Saatnya bangun ketahanan pangan secara berkelanjutan

Melalui kolaborasi antara praktisi industri dan dosen, ruang pembelajaran yang lebih kolaboratif dan partisipatif diharapkan dapat tercipta.

Kegiatan Kuliah Praktisi Prodi Agroteknologi ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Agroteknologi Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P., Koordinator Prodi Agroteknologi Fatichin, S.P., M.P., Ph.D, Ketua Kelompok Bidang Kajian (KBK) sekaligus Ketua Laboratorium Agroteknologi Ahadiyat Yugi R ,S.P., M.Si., D.Tech.Sc., Ketua Komisi MBKM Prodi Agroteknologi Sapto Nugroho Hadi, S.Si., M.Biotech., serta para dosen pengampu mata kuliah Pertanian Organik, Okti Herliana, S.P., M.P., dan Ida Widiyawati, S.P., M.Si.

Kegiatan Praktisi Mengajar ini diawali dengan sambutan dari Ketua Jurusan Agroteknologi, Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P. Dalam sambutannya, Prof. Sakhidin menyampaikan terima kasih kepada Indra Tri Prayugi, S.Pi. dari PT Petrokimia Gresik, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang telah berkenan menjadi Dosen Praktisi di Jurusan Agroteknologi Faperta Unsoed

Ia mengharapkan kegiatan tersebut memberikan kebermanfaatan khususnya bagi para mahasiswa sebagai bekal menambah kompetensi keilmuan.

Kegiatan Praktisi Mengajar ini ditutup dengan pemberian materi oleh Indra Tri Prayugi dengan topik "Potensi dan Komersialisasi Produk Hayati Guna Mendukung Pertanian Organik".

Setelah pemberian materi kuliah dilanjutkan dengan diskusi, dan penyerahan kenang-kenangan dari PT Petrokimia Gresik ke Faperta dan sebaliknya.

Baca juga: LPPM Unsoed gelar Seminar Nasional Membangun Ekosistem Penelitian dan Pengabdian
Baca juga: Rektor Unsoed pastikan sertifikasi dosen sesuai target

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024