Magelang (ANTARA) - Manajemen Nusantara United FC menyatakan tidak menutup peluang untuk meninggalkan Stadion Moch. Soebroto, Magelang, jawa Tengah, apabila mereka tetap tidak diizinkan menghadirkan penonton dalam pertandingan kandang Liga 2 Indonesia Wilayah Tengah.

COO Nusantara United Adhitya Hernadian mengaku bahwa klubnya memang hanya mendapatkan izin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, selaku pemilik Stadion Moch. Soebroto, disertai syarat tanpa kehadiran penonton untuk dua laga kandang pertama termasuk melawan PSIM Yogyakarta pada Senin (5/9) esok.

"Kami sudah komunikasi agar pertandingan pekan kedua Liga 2 musim 2022-23 melawan PSIM Yogyakarta bisa digelar dengan penonton. Tetapi karena beberapa pertimbangan, Pemkot Magelang baru mengizinkan kami bertanding tanpa penonton," kata Adhitya di Magelang, Minggu.

Hal yang sama juga berlaku untuk pertandingan perdana pekan lalu, saat Nusantara United dikalahkan 1-2 oleh tamunya Persipa Pati di Stadion Moch. Soebroto, pada Selasa (30/8).

Pihak klub pada Jumat (2/9) telah mengunggah salinan dokumen perizinan dari Pemkot Magelang terkait penggunaan Stadion Moch. Soebroto untuk dua pertandingan tersebut melalui akun Instagram resmi mereka, @nusantaraunitedfc.
 

Di kedua surat tercantum jelas bahwa perizinan disertai syarat yang wajib dipenuhi, salah satunya menggelar pertandingan tanpa penonton dengan pertimbangan aspek keamanan, keselamatan, dan ketertiban di wilayah Kota Magelang.

Adhitya menjelaskan bahwa pihaknya memahami betul bahwa perizinan penggunaan Stadion Moch. Soebroto sebagai kandang Nusantara United sepernuhnya kewenangan Pemkot Magelang.

"Besar harapan kami langkah yang nantinya akan diputuskan pada pekan-pekan pertandingan kami selanjutnya dapat menyamankan segala pihak. Kami harus menaati arahan pemerintah kota dan pihak keamanan setempat karena kenyamanan serta keamanan menjadi pertimbangan utama dalam menggelar sebuah pertandingan," katanya.

Karena perizinan yang disertai syarat bertanding tanpa penonton tersebut, Nusantara United sempat mengusahakan penggunaan Stadion Sultan Agung Bantul, tetapi sayangnya izin juga tidak turun.

Menurut Adhitya, Pemkot Magelang akan mengevaluasi kemungkinan menggelar laga di Stadion Moch. Soebroto dengan penonton, tetapi bila itu tidak terjadi Nusantara United tidak menutup peluang mencari opsi pindah kandang ke stadion lain.

"Tetapi jika izin laga dengan penonton tetap tidak bisa kami kantongi, kami tentu akan mencari opsi stadion lain yang memungkinkan untuk melangsungkan pertandingan terbuka dan sudah terverifikasi oleh PT LIB," katanya.

Baca juga: Liga 2 Indonesia, Persipa Pati bungkam Nusantara United FC 2-1

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nusantara United tak tutup peluang tinggalkan Stadion Moch Soebroto

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024