Semarang (ANTARA) - Peran sektor kewirausahaan, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dianggap memiliki kontribusi yang signifikan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Selaku lembaga jasa keuangan nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang salah satunya pada Kamis (11/8) hingga Selasa (16/8), BCA KCU Pemuda Semarang menghadirkan Bazaar Bangga UMKM dan Autoshow Electric Vehicle Show yang diselenggarakan secara offline.

Hadir pada acara Bazaar Bangga UMKM dan Autoshow Electric Vehicle Show tersebut Kepala Cabang BCA KCU Semarang Agus Soehardi, Koordinator CEO Bisnis Forum Jateng Ariyani Matius Maun, dan perwakilan dari RS Primaya Yongki.

Baca juga: BCA salurkan KUR ke KUD Dadi Jaya

“Setelah sempat tertunda beberapa tahun akibat pandemi COVID-19, akhirnya bazaar ini dapat hadir kembali untuk masyarakat. Selaras dengan slogan BCA Senantiasa di Sisi Anda, kami menghadirkan bazaar sebagai bentuk komitmen kami untuk hadir mendorong UMKM mempromosikan produknya ke masyarakat. Bagi kami, hal ini dapat memberikan dampak yang positif untuk kebangkitan perekonomian nasional pascapandemi COVID-19. Oleh sebab itu, kami yakin UMKM dan perekonomian nasional dapat bangkit kembali,” kata Agus Soehardi.

Dalam gelaran acara Bazaar Bangga UMKM dan Autoshow Electric Vehicle Show, BCA KCU Semarang bekerja sama dengan KulinerSemarang Brotherhood menyuguhkan pengunjung dengan 22 tenant UMKM F&B seperti Dawet Kemayu, Saranghae Bowl, Kopte, Oleh-oleh 52, Kakkoii, dan tenant lainnya.

Selain itu, untuk tenant UMKM nonF&B yakni U-Winfly, SMS Shop, Isa Grafika, PT Osell, dan lainnya. Kemudian, terdapat talkshow interaktif dan kegiatan donor darah dalam rangka memeriahkan acara. Selain itu terdapat pula pameran properti dan kendaraan bermotor.

Pameran properti menyuguhkan tujuh developer yakni Semarang Sky City, Karyadeka, Citraland BSB City, Citra Grand, Citrasun Garden, Jaya Metro, dan Paramount.

Sedangkan untuk kendaraan bermotor, terdapat tujuh merek mobil dan beberapa kendaraan listrik (EV) yang akan dipamerkan dalam Autoshow seperti Wuling Mini EV, sedangkan Mitsubishi Pajero, Toyota Raize, Nissan Kicks, Honda CRV, Suzuki S Presso akan dipamerkan secara hybrid. Khusus pada 13-16 Agustus, digelar test drive untuk beberapa unit seperti: Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, Nissan Kicks, Honda (New HRV, New BRV, dan Hatchback), Suzuki Ertiga Hybrid, dan Wuling (Cortez, Almaz, dan Confero).

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam Bazaar Bangga UMKM dan Autoshow Electric Vehicle Show, BCA menawarkan pembayaran menggunakan QRIS yang dapat diakses melalui BCA mobile dan Sakuku.

Baca juga: BCA dan Visa dorong transaksi tanpa kontak di kalangan masyarakat

Untuk penawaran KPR, terdapat berbagai pilihan bunga fix dengan tenor yang beragam. Adapun KKB BCA dengan beragam bunga fix dan bunga Refinancing mulai dari 6 persen, free biaya provisi, diskon biaya admin hingga 600 ribu, serta free pinalty pelunasan > 1 tahun.

Sementara KSM BCA menawarkan DP mulai 7,5 persen untuk seluruh nasabah BCA dan bunga 5,6 persen per tahun untuk unit premium.

Perusahaan anak juga hadir yakni BCA Life dan BCA Insurance, serta perusahaan induk Djarum juga hadir dalam gelaran acara bazaar.

“Momentum emas ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha terutama UMKM, namun juga nasabah maupun masyarakat umum yang sedang mencari hunian maupun kendaraan idaman dengan penawaran yang menarik. Semoga dengan gelaran acara Bazaar Bangga UMKM dan Autoshow Electric Vehicle Show dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat dan mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional. Kami mengajak seluruh nasabah BCA, terutama di Semarang untuk menghadiri acara Bazaar Bangga UMKM dan Autoshow Electric Vehicle Show,” tutup Agus Soehardi.

BCA hingga Juni 2022 telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp94,2 triliun atau tumbuh hingga 19,6 persen secara tahunan (year on year/YoY).

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya-upaya nyata BCA untuk memajukan bisnis UMKM agar dapat berkembang dan juga membantu menstimulasi pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Baca juga: BCA bagikan kiat-kiat service excellence kepada BPJS Kesehatan
Baca juga: BCA gelar pelatihan pengelolaan desa wisata

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024