Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berhasil meluluskan sebanyak 747 wisudawan dalam wisuda periode 145 atau bulan Juni 2022 yang digelar secara luring.

Ke-747 wisudawan tersebut terdiri atas 5 orang doktor, 18 orang magister, 70 orang dengan sebutan profesional, 579 orang sarjana, dan 75 ahli madya. Dari total wisudawan tersebut, 369 orang di antaranya dinyatakan lulus dengan pujian atau cumlaude

Para wisudawan berasal dari Fakultas Pertanian sejumlah 65 wisudawan, Fakultas Biologi 28 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 132 wisudawan, Fakultas Peternakan 21 wisudawan, Fakultas Hukum 134 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 61 wisudawan, Fakultas Kedokteran 48 wisudawan, Fakultas Teknik 47 wisudawan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan 108 wisudawan, Fakultas Ilmu Budaya 63 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 20 wisudawan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 18 wisudawan, dan Program Pascasarjana (Ilmu Lingkungan, Agribisnis dan Penyuluh Pertanian, serta Bioteknologi Pertanian) 1 wisudawan.

Pelaksanaan wisuda berlangsung selama dua hari, yaitu Selasa (14/6) yang diikuti 381 wisudawan yang berasal dari Pascasarjana, Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Peternakan, serta Fakultas Hukum. 

Selanjutnya wisuda hari kedua Rabu (15/6), diikuti 365 wisudawan yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Baca juga: Akademisi Unsoed ingatkan efektifitas kampanye

Dalam sambutannya, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. mengatakan penyelenggaraan wisuda kali ini memiliki arti tersendiri.  

"Untuk kali pertama, sejak terakhir kali di bulan Maret 2022, kita kembali menyelenggarakan wisuda secara fisik, untuk mensyukuri nikmat yang diberikan-Nya kepada kita, yakni telah selesainya studi dan meraih gelar akademik dan/atau profesional," katanya. 

Menurut dia, lulusan Unsoed harus menjadi insan-insan yang tidak hanya memiliki kapasitas secara intelektual maupun profesional di bidangnya, juga memiliki kualifikasi sebagai pribadi yang siap berselancar dalam mengarungi gelombang samudra kehidupan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor menitipkan pesan kepada para wisudawan, kiranya menjadi penambah bekal dalam melangkah memasuki kehidupan baru di masyarakat, yaitu Asah Kompetensi yang Dimiliki, Asah Komunikasi yang Penuh Empati, dan Asah Kemampuan Teknologi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Keluarga Alumni Unsoed Dr. Ma’ruf Cahyono, S.H., M.H. mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan mengajak mereka untuk bersama-sama mewujudkan apa yang telah sama-sama diikrarkan. 

"Mari mengkonkretkan apa yang menjadi janji kita bersama, yaitu bersama-sama perguruan tinggi untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bersama-sama sebagai kaum intelektual mewarnai proses perjuangan untuk mendukung pembangunan nasional, dan terus-menerus belajar untuk bertumbuh agar bisa bermanfaat meskipun dalam situasi yang sangat dinamis," katanya.

Dengan dilaksanakannya wisuda periode 145 tersebut, sampai saat ini Unsoed telah mengantarkan 107.861 alumni yang telah, sedang, dan terus ambil bagian dalam kehidupan di masyarakat. 

Baca juga: Taat prokes untuk antisipasi varian baru COVID-19
Baca juga: Fakultas Pertanian Unsoed jalin kerja sama pengembangan agrowisata
Baca juga: Peternak unggas harus antisipasi dampak kemarau basah

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024