Semarang (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan atau biasa disapa BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Blora tahun ini memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Mei dengan menyalurkan bantuan sembako sebanyak 80 paket kepada pekerja yang diwakili para serikat pekerja.

Penyerahan paket sembako tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan PT Unggul Jaya Blora yang beralamat di Tempel Lemahbang, Jepon, Blora, Kamis.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Blora Andy Heriamsah, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Kabid Hubungan Indsutrial dan Jaminan Sosial Disperinaker, Manager Operasional PT Unggul Jaya, Serikat Pekerja CV Jasa Plastik, serta dari PT Pringgodani Setia Nusantara. 

Pembagian sembako dalam peringatan May Day tersebut dilakukan secara bertahap dari 440 paket yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan Kudus beserta kantor di jajarannya.

Adapun secara keseluruhan jumlah paket sembako yang diserahkan di seluruh Indonesia sebanyak 15.000 paket.

Andy menjelaskan pemberian bantuan paket sembako tersebut merupakan bentuk empati sekaligus dukungan BPJAMSOSTEK kepada semua pekerja yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Blora sosialisasikan lima program

Manager operasional PT Unggul Jaya Toto Suhandoyo mengucapkan terima kasih atas pemberian sembako, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat pekerja di Kabupaten Blora.

Pemberian sembako dalam rangka Hari Buruh tersebut merupakan kali pertama di berikan sepanjang peringatan Hari Buruh. Peringatan May Day 2022 mengusung tema Pulih Bersama Pekerja Indonesia.

Tema peringatan May Day di Indonesia sejalan dengan tema pertemuan G20 yang mengusung Recover Together, Recover Stronger serta momentum peningkatan layanan dan manfaat kepada pekerja Indonesia melalui perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Festival Pekerja yang bertujuan memberikan pengalaman positif serta tambahan manfaat secara langsung di luar manfaat program kepada stakeholder BPJS Ketenagakerjaan," kata Andy.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Blora serahkan santunan JKK Rp112,9 juta

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora Endro Budi Darmawan mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blora dalam menginisiasi peringatan Hari Buruh dengan serangkaian kegiatan yang positif.

"Kami berharap kepada pengusaha untuk terus memberikan dukungan dan ruang kepada para pekerja atau buruh untuk bisa memperingatinya," kata Endro.

Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan Program strategis nasional yang harus disukseskan bersama.

"Pekerja penerima upah, Bukan penerima upah, Pekerja sektor jasa konstruksi di Kabupaten Blora berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata Endro.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024