Banyumas (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto (LPPM UMP) dalam kegiatan bina desa di Purwojati, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meluncurkan Desa Wisata Lewok Mbulu.

Peluncuran Desa Wisata Lewok Mbulu, Desa Purwojati, Kecamatan Purwojati, dilaksanakan pada hari Rabu (12/1) serta dihadiri Bunda UMKM Banyumas Erna Sulistyawati, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani, serta sejumlah pejabat lainnya dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda UMKM Banyumas Erna Sulistyawati mengharapkan lokasi wisata dapat mengangkat kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ditekuni warga.

"Dengan dibukanya tempat wisata Lewok Mbulu secara otomatis bisa mengangkat para UMKM yang ada di sini. Saya juga berharap dengan sudah dibukanya dan dibantu oleh UMP, saya berharap sekali ini betul-betul bisa dijalankan," kata istri Bupati Banyumas Achmad Husein itu.

Baca juga: 27 dosen di lingkungan UMP naik jabatan

Sementara itu, Ketua LPPM UMP Dr Suwarno MSi mengharapkan pengabdian yang dilakukan LPPM UMP dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Pengabdian masyarakat yang didanai oleh UMP betul-betul bermanfaat bagi masyarakat, dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat," katanya.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat LPPM UMP Drs Karma Iswasta Eka MSi mengharapkan kegiatan yang dilakukan di Desa Purwojati dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

"Meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar melalui kegiatan UMKM," katanya.

LPPM UMP dalam melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Purwojati memberikan fasilitas dan binaan seperti penanaman rumput pada lahan kosong, tanaman hias untuk keindahan, pembuatan panggung pentas, gazebo, tempat tidur gantung (hammock), tenda, kamar mandi, lima spot swafoto, dan pembuatan titik koordinat di aplikasi Google Maps. (smm)

Baca juga: Alumni hebat UMP, lulusan 2020 sudah jadi Direktur RSU
Baca juga: UMP berkomitmen dukung kemajuan UMKM di Banyumas

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024