Pekalongan, Jateng (ANTARA) - Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, terus menggencarkan sosialisasi pada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan sekaligus melakukan pembagian masker sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 yang hingga kini belum selesai.

Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi di Pekalongan, Minggu, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai langkah untuk membantu pelaksanaan Instruksi Mendagri Nomor 66 tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan.

"Kami berharap masyarakat tidak abai menerapkan protokol kesehatan agar Kota Pekalongan tetap sehat dan aman. Kasus COVID-19 hingga kini belum selesai sehingga warga perlu waspada dan mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan Kota AKP Trihandayani mengatakan pada kegiatan itu, sedikitnya 90 masker dibagikan pada warga dan pedagang yang berada di sekitar pasar Sorogenen dan pengendara di Jalan Seruni.

Pada kegiatan sosialisasi itu, kata dia, pihaknya melakukan secara humanis agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Selain itu melakukan sosialisasi, pihaknya juga menggencarkan patroli malam "Blue Light Patrol" untuk mengantisipasi aksi balap liar di jalur pintu keluar tol Setono Kecamatan Pekalongan Selatan.

Ia mengatakan pada patroli itu, petugas gabungan fungsi dibagi beberapa titik rawan gangguan kamtibmas dan aksi balap sepeda motor liar.

Adapun tim patroli lain menyambangi kawasan Jalan Alun-Alun dan Stadion Hoegeng, serta menyisir sepanjang Jalan RA Kartini, Jalan Pemuda, Jalan Taman Makam Pahlawan, dan Jalan Pantura kota Pekalongan.

"Patroli ini sebagai langkah antisipasi gangguan kamtibmas dan pelanggaran protokol kesehatan, serta warga merasa nyaman dan aman," katanya.

Baca juga: Jumlah pelanggaran prokes di Solo turun drastis

Baca juga: Ganjar minta kepala daerah pastikan prokes ketat diterapkan saat PTM

Baca juga: Polisi intensifkan sosialisasi keliling prokes di objek wisata

Pewarta : Kutnadi
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024