Pekalongan (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, dalam rangkaian operasi Lilin Candi mengintensifkan sosialisasi keliling kepada para wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan di sejumlah objek wisata, Minggu.

"Para wisatawan kami ingatkan agar tidak abai mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mengantisipasi penularan COVID-19," kata Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi di Pekalongan.

Menurut dia, pada saat libur Tahun Baru 2022 berpotensi terjadinya kerumunan di sejumlah titik keramaian seperti di objek wisata.

"Oleh karena itu, kami secara humanis melakukan patroli ke objek wisata agar para pengunjung atau wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin memakai masker," katanya.

Kepala Satuan Binmas Polres Pekalongan Kota AKP Bambang mengatakan bahwa program sosialisasi keliling patuh prokes ini sudah menjadi tanggung jawab polisi dan menindaklanjuti instruksi Kapolres Pekalongan untuk mengantisipasi libur Tahun Baru 2022.

Selain melakukan kegiatan sosialisasi keliling imbauan prokes, kata dia, polisi mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Intensitas pengunjung di objek wisata, seperti Pasir Kencana dan Slamaran saat libur tahun baru cukup meningkat sehingga mereka perlu kami ingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena kasus COVID-19 belum selesai," katanya.

Ia meminta para pengunjung dan pengelola objek wisata mewaspadai gangguan kamtibmas seperti pencopetan, jambret, dan pencurian kendaraan bermotor seiring dengan meningkatnya intensitas pengunjung di objek wisata.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024