Temanggung (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal di Kabupaten Temanggung, baik untuk pelajar maupun masyarakat umum, di antaranya dilakukan dengan "door to door" atau dari rumah ke rumah.

Kepala Binda Jawa Tengah Brigjen TNI Sondi Siswanto di Temanggung, Rabu, mengatakan vaksinasi ini merupakan bentuk dukungan BIN terhadap upaya pemerintah mewujudkan kekebalan komunal pada akhir 2021.

Ia menyebutkan sebanyak 4.500 dosis vaksin disiapkan Binda Jateng untuk pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Boyolali targetkan gerebek vaksinasi 835.772 sasaran hingga Desember

Sondi menyampaikan pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di Taman Kota Bambu Runcing Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, Desa Pagersari Kecamatan Tlogomulyo, dan Desa Gandurejo Kecamatan Bulu.

Capaian Vaksinasi Kabupaten Temanggung per 23 November 2021 sebesar 68,37 persen sementara Provinsi jateng sebesar 69,03 persen.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Kabupaten Temanggung dalam percepatan vaksinasi COVID-19," katanya.

Ia menuturkan vaksinasi pelajar dilaksanakan sebagai upaya mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dan menekan terjadinya klaster pelajar.

Vaksinasi door to door, katanya dilaksanakan hingga tingkat desa, RW, dan RT bertujuan membantu masyarakat mengakses vaksin serta meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi.

Menurut dia vaksinasi door to door selama ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam menjangkau lokasi vaksinasi serta adanya keterbatasan fisik seperti lansia.

Ia menyampaikan vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menghadapi pandemi COVID-19, di samping tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pembatasan aktivitas juga perlu dilakukan terlebih menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,

Ia mengimbau masyarakat untuk menahan diri, tidak melakukan aktivitas di luar rumah dan menimbulkan kerumunan, apalagi pemerintah berencana menetapkan PPKM Level III pada saat libur akhir tahun.

"Harapan Binda dengan adanya vaksinasi ini kegiatan belajar siswa dan aktivitas masyarakat di Kabupaten Temanggung dapat kembali normal seperti sediakala," katanya. 

Baca juga: Bupati Wonosobo optimistis vaksinasi capai 70 persen pada Desember
Baca juga: Dinkes Boyolali-BIN gelar vaksinasi "door to door"

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024